Prabowo - Gibran Unggul di Rutan KPK, Bareskrim dan Makassar

Ferrika Lukmana Sari
15 Februari 2024, 06:45
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pidato dalam acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Prabowo-Gibran menggelar pidato kemenangan usai sejumlah lembaga survei menempatkan capres-cawapres nomor urut 2 unggul atas dua pesaingnya dengan perolehan suara 51 persen - 60 persen.
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul sementara di sejumlah rumah tahanan di Indonesia. Di antaranya Rutan KPK, Bareskrim hingga Makassar.

Prabowo-Gibran memperoleh suara terbanyak di TPS 901 Rutan Bareskrim Polri, Jakarta pada Rabu (14/2). Pemungutan suara di TPS 901 Rutan Bareskrim diikuti 100 tahanan yang terdaftar sebagai pemilih.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, pasangan calon nomor urut 1 Anies - Muhaimin memperoleh 27 suara, sedangkan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar - Mahfud hanya memperoleh tujuh suara.

Suara terbanyak diraih oleh pasangan Prabowo - Gibran sebanyak 60 suara. Namun dari 100 pemilih tersebut, terdapat satu surat suara yang dinyatakan tidak sah.

Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Rorenmin Bareskrim Polri Kombes Pol. Gatot Agus Budi Utomo mengatakan, semua tahanan yang melakukan pencoblosan memiliki hak pilih.

"Satu surat suara tidak sah karena tidak dicoblos. Polri menjamin tahanan yang ada di Rutan Polri untuk menggunakan hak pilihnya sesuai ketentuan," kata Gatot dikutip dari Antara, Kamis (15/2).

Prabowo Unggul di Rutan KPK

Selain di rutan Bareskrim, pasangan Prabowo - Gibran juga meraih suara terbanyak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus (Loksus) 901 Rutan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Di TPS tersebut pasangan Anies - Muhaimin meraih 24 suara, Prabowo - Gibran memperoleh 38 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud mendapatkan 9 suara.

Terdapat 5 suara dinyatakan tidak sah. Menurut Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 901 Yuri Gunarto, suara tidak sah tersebut karena surat suara dicoblos lebih dari satu kali.

"Coblosnya lebih dari satu, semuanya dicoblosin. Kesengajaan mereka, mungkin mereka bingung milihnya, fans semua," kata Yuri di TPS 901 Rutan KPK, Jakarta Selatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...