Sorotan Media Asing Atas Kemenangan Prabowo di Quick Count Pilpres

Safrezi Fitra
21 Februari 2024, 15:02
prabowo, prabowo-gibran, media asing, kemenangan prabowo-gibran, kemenangan prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjoget saat hadir dalam acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Sejumlah media asing beramai-ramai memberitakan Pemilu Indonesia 2024, terutama soal pemilihan presiden (Pilpres). Setelah hasil quick count sejumlah lembaga survei dan real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) muncul, media asing menanggapinya dengan merilis pemberitaan.

Dalam hasil perhitungan sementara ini, Prabowo unggul bahkan di atas 50 persen, yang berarti pilpres bisa jadi hanya akan berlangsung satu putaran dengan kemenangan Prabowo-Gibran.

The Straits Times, dalam artikel berjudul "Prabowo on track to becoming Indonesia's next president, with two-thirds of sample votes counted". "Kandidat presiden Indonesia Prabowo Subianto dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, berada di jalur kemenangan pemilu, dengan keunggulan telak atas pesaing mereka berdasarkan 60 persen sampel suara yang dihitung pada 14 Februari," tulis media asal Amerika Serikat tersebut dalam laporannya pada 14 Februari 2024.

Sementara Voice of America (VOA), menyoroti pilihan Prabowo menggandeng putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai faktor penting kemenangannya. VOA menyoroti pengaruh Jokowi yang masih populer di ujung masa jabatan. Para pendukung Jokowi menganggap Indonesia tumbuh baik selama pemerintahan Jokowi.

Faktor lain adalah Prabowo mengubah citra dari sosok meledak-ledak menjadi kakek menggemaskan. Ia juga memanfaatkan media sosial secara aktif. Pilihan kampanye itu membuatnya diterima mayoritas pemilih muda.

Di saat yang sama, The New York Times menulis soal popularitas Jokowi yang mempengaruhi kemenangan Prabowo. Para pendukungnya berharap program Jokowi diteruskan oleh Prabowo. Program itu termasuk aneka proyek infrastruktur dan pemindahan ibu kota Indonesia.

Pemberitaan Negatif Media Asing

Sehari setelah pencoblosan selesai, The Guardian, menerbitkan editorial berjudul “The Guardian view on Indonesia’s elections: Prabowo’s win dismal news for democracy”. Media yang berbasis di Inggris ini menyinggung perbandingan saat Jokowi menang Pilpres 2014 dengan Pilpres 2024.

Saat Jokowi menang Pilpres 2014, kemenangannya membawa kelegaan dan juga perayaan. Jokowi adalah presiden pertama yang terpilih dari luar kalangan elite politik atau militer. Ia mengalahkan mantan jenderal Prabowo Subianto yang dianggap akan membawa Indonesia ke arah yang lebih otoriter. Prabowo dipecat dari militer dan dilarang masuk ke AS karena tuduhan penculikan dan penyiksaan para aktivis.

Namun, pada Pilpres Indonesia 2024 Jokowi yang mengaku netral malah terlihat jelas mendukung Prabowo dibandingkan calon dari partainya sendiri, Ganjar Pranowo. Putranya yang berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri sebagai wakil presiden Prabowo, berkat revisi aturan yang diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK), lembaga yang dipimpin oleh ipar Jokowi.

Guardian mengatakan dengan prediksi kemenangan Prabowo, banyak yang meramalkan “musim dingin di Indonesia akan datang”. Beberapa orang berpendapat bahwa presiden baru ini mungkin akan menyimpulkan bahwa ia tidak membutuhkan otokrasi langsung, tetapi dapat mencapai apa yang ia inginkan dalam sistem yang ada saat ini.

Media asal Inggris lainnya, BBC, menyebutkan pada Pilpres 2024, Prabowo menjual dirinya sebagai kakek-kakek yang imut di TikTok, dengan menunjukkan tanda hati dengan tarian yang viral. Hal ini berhasil untuk para pemilih yang lebih muda, generasi yang kurang mendapat informasi tentang masa lalu negara di bawah kediktatoran militer.

Beberapa orang yang diwawancara BBC pada hari pencoblosan mengatakan bahwa mereka menginginkan orang kuat yang berkuasa. Seseorang yang dapat meneruskan kebijakan-kebijakan Presiden Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...