Ganjar Yakin PDIP dan Partai Koalisi Solid Dukung Hak Angket di DPR

Ade Rosman
23 Februari 2024, 16:27
Ganjar
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan keterangan kepada wartawan usai di kantor Walhi, Jakarta, Kamis (8/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meyakini partai pengusungnya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) solid mendukung usulan hak angket terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024. Ganjar mengatakan sikap partai banteng telah disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. 

"Sekjen (Hasto) sudah menyampaikan kok. Kalau Sekjen itu artinya sudah partai ya," kata Ganjar di Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres Ganjar-Mahfud (TKRPP), Jakarta Pusat, Jumat (23/2).

Lebih jauh mantan Gubernur Jawa Tengah itu menilai penggunaan hak angket merupakan hal yang lumrah dalam negara demokrasi. Ia menyebut angket sebagai cara terbaik dalam mengusut berbagai dugaan kecurangan di pemilu yang terlihat dari kekacauan Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap. 

Menurut Ganjar, hak angket tidak perlu dipersoalkan karena bertujuan untuk mengklarifikasi sebuah permasalahan sehingga dinilai sebagai tindakan yang baik. "Dengan cara itu, nanti ada data, fakta, saksi, bukti, ahli, dan semuanya bisa dibuka dan publik bisa melihat. Nanti coba siapa yang benar. Jadi angket menurut saya cara yang paling pas," ujar Ganjar. 

 Hal senada disampaikan Politikus PDIP Adian Napitupulu. Ditemui terpisah di lokasi yang sama dengan Ganjar, ia menyebut bahwa sikap partai telah ditunjukkan oleh Sekjen PDIP.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...