Jusuf Kalla Buka Pintu Golkar untuk Jokowi, Namun dengan Syarat

Amelia Yesidora
1 Maret 2024, 19:49
jusuf kalla, golkar, jokowi
Katadata/Amelia Yesidora
Mantan Wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla, memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dalam dua putaran, Rabu (10/1/2024)
Button AI Summarize

Politikus Partai Golkar Jusuf Kalla merespons isu masuknya Presiden Joko Widodo ke Partai Golkar. Menurutnya, partai itu terbuka dengan semua orang bila ada yang ingin bergabung.

“Semua orang bisa bergabung ke Golkar, tapi tentu dengan syarat. Kalau bergabung saja boleh, apa yang tidak boleh?” kata JK saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (1/3).

Isu yang beredar adalah Jokowi bakal didapuk jadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto. JK memberikan syarat agar Jokowi mengikuti aturan dulu sebelum menjadi Ketua Umum. 

“Untuk jadi ketua, minimal lima tahun jadi pengurus dulu.” kata mantan Ketua Umum Golkar ini.

Pandangan serupa dilontarkan oleh Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Idrus Marham.  Ia mengatakan belum ada pembicaraan terkait potensi Jokowi memimpin partai berlambang beringin itu. Keputusan akan diambil saat Musyawarah Nasional atau Munas. 

“Artinya tertinggi betul itu (Munas), bagaimana Golkar ke depan nasibnya ada di Munas,” kata Idrus di Markas Tim Kajian Strategis TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (29/2).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...