Jokowi Groundbreaking Proyek di IKN: Kantor BPJS hingga Bank BUMN

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Maret 2024, 20:23
ikn, jokowi, bank, bpjs kesehatan
Dok BRI
Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking BRI International Microfinance Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis, 29 Februari 2024.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (1/3).

Lawatan dinas tersebut bertujuan untuk meresmikan pembangunan sejumlah fasilitas publik di IKN. Sejumlah infrastruktur yang dibangun kali ini berfokus pada layanan kesehatan, komunikasi, media, dan hunian aparatur sipil negara (ASN) serta TNI-Polri.

Wisata karya kali ini juga dihadiri oleh sejumlah figur pejabat nasional. Salah satu yang hadir adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono.

Adapun sejumlah infrastruktur IKN yang ditinjau oleh Jokowi kali ini adalah sebagai berikut: 

1. Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung BPJS Kesehatan, di IKN pada Jumat, 1 Maret 2024. Pembangunan Gedung BPJS Kesehatan tersebut akan melengkapi layanan kesehatan masyarakat di IKN.

Jokowi juga mengapresiasi pertumbuhan jumlah peserta BPJS yang telah mencapai 267 juta atau 95,7 persen dari total penduduk Indonesia. Presiden pun menyoroti faktor yang membuat BPJS Kesehatan dapat berjalan dengan baik di Indonesia dibandingkan dengan sistem kesehatan di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, salah satunya dengan adanya layanan kesehatan dari puskesmas.

"Sekarang BPJS Kesehatan masuk, dan sudah lima rumah sakit dalam proses pembangunan. Sehingga ini akan melengkapi pelayanan di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi dalam siaran pers, Jumat (1/3).

2. Hunian ASN, TNI, dan Polri

Jokowi mengatakan mutasi tugas ASN dan prajurit TNI-Polri ke IKN dapat mulai berjalan secara bertahap pada Juli 2024. Ini karena penyelesaian akhir atau topping off hunian ASN dan personel hankam di Kawasan IKN Nusantara telah berjalan sesuai jadwal.

"Pergeseran ASN ke sini dan hankam ke sini itu sudah bisa dimulai bulan Juli," kata Jokowi saat memberkan keterangan pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (1/3).

Jokowi mengatakan ada 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada bulan Juli, diikuti oleh 21 tower tambahan pada bulan September, dan 14 tower lagi pada bulan November. Total keseluruhan, akan ada 47 tower yang selesai pada akhir November 2024.

"Saya ke sini salah satunya untuk memastikan bahwa tower untuk ASN kita, untuk hankam itu bisa selesai dengan tepat waktu," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...