AHY Kini Terpukau Lihat IKN, Dulu Pernah Sentil Proyek Ibu Kota Baru

Ameidyo Daud Nasution
28 Februari 2024, 17:37
ahy, ikn, ibu kota baru
Antara
Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono saat meninjau IKN, Kalimantan Timur, Rabu (28/2). Foto: Antara
Button AI Summarize

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hari ini mengunjungi proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Dalam kunjungan perdananya, AHY mengaku terpukau dengan pembangunan IKN.

AHY mengunjungi IKN bersama Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni. Hadir pula para Deputi Otorita IKN, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga para kontraktor.

"Saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden Jokowi," kata AHY dalam keterangannya, Rabu (28/2) dikutip dari Antara.

AHY mengatakan IKN merupakan proyek besar dan sebuah mahakarya. Saat ini pemerintah akan fokus membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Ini tidak mudah karena merupakan proyek besar," katanya.

Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun
Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

Selain itu, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatakan seluruh pihak harus selalu berkoordinasi dalam pembangunan IKN. Ini karena banyaknya pemangku kepentingan dalam proyek raksasa tersebut.

Sikap Ketua Umum Partai Demokrat soal IKN berubah dibandingkan tahun lalu. Pada pertengahan 2023, AHY mengatakan pembangunan IKN terkesan dipaksakan.

Menurut AHY kondisi masyarakat saat itu sedang tidak baik-baik saja, terutama di bidang ekonomi sehingga sulit mengubah fokus pembangunan pada IKN. Selain itu, menurut AHY investasi pun tidak mengalir deras seperti yang diharapkan lantaran masing-masing negara investor tengah mengukur diri.

"Saya khawatir nanti itu (IKN) enggak jadi, enggak sukses, rakyat kita menderita," kata AHY di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada 14 Juli 2023.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...