Komentari Lonjakan Suara PSI, Anies Singgung Ketua Umum Anak Presiden

Amelia Yesidora
4 Maret 2024, 11:45
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan orasi politiknya pada kampanye gerak bersama jangkau semua di Gedung Islamic Center (IC) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024). Dalam kampanye Anies, menggaungkan perubahan sebagai harapan b
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan turut menyoroti naiknya perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia atau PSI secara tiba-tiba. Menurutnya, seluruh rakyat harus mengawasi perolehan suara agar prosesnya transparan. 

“Saya harap teman-teman terus pantau agar jujur. Kalau memang ada suaranya, harus dilindungi. Kalau memang tidak ada suaranya, jangan diada-adakan,”  ujar Anies saat berada di Kampung Akuarium, Minggu (3/3).

Mantan Gubernur Jakarta ini mengatakan Pemilu harus membanggakan, bukan memalukan. Pemilu bisa jadi memalukan karena ada pekerjaan yang disembunyikan dan ini sudah diketahui oleh publik.

Dengan keadaan tersebut, ia melihat masyarakat menjadi gelisah dan mengurangi tingkat kepercayaan terhadap negara. “Kalau pemilunya cacat, rusak semua. Nila setitik rusak susu sebelanga,” kata Anies.

Di sisi lain ia mengatakan upaya untuk memainkan suara merupakan peristiwa yang merusak demokrasi. Turunnya integritas pemilu menurut dia akan merusak semua kepercayaan rakyat terhadap proses pemilu yang berlangsung. 

Tidak hanya masyarakat, Anies juga meminta pemerintah bertanggungjawab dengan memperketat pengawasan. Mulai dari atasan hingga bawahan bisa melakukan pengawasan meski tanpa perintah.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...