Kronologi Pilot Batik Air Tertidur Saat Terbang dari Kendari ke Soetta

Syahrizal Sidik
9 Maret 2024, 11:19
Kronologi Pilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari ke Jakarta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pesawat tipe A-330 milik Batik Air
Button AI Summarize

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan investigasi mengenai tertidurnya pilot dan kopilot Batik Air selama 28 menit ketika bertugas dalam rute penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Jakarta. 

Penerbangan ini terjadi pada 25 Januari 2024 lalu pada pesawat Airbus A320 dengan registrasi PK-LUV dioperasikan sebagai penerbangan penumpang terjadwal dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (WIII), Jakarta menuju Bandara Halu Oleo (WAWW), Kendari pulang dan pergi. 

Pesawat dengan nomor penerbangan BTK6723 ini berangkat dari Kendari menuju Jakarta. Jumlah total penumpang di pesawat 153 orang. 

Ketika pesawat naik ke ketinggian jelajah 36.000 kaki sekira pukul 08.37 WIB dan lampu sabuk pengaman dimatikan, kedua pilot melepas headset mereka dan volume speaker kokpit ditingkatkan. 

PIC (pilot), 32 tahun, kemudian meminta izin untuk beristirahat dari SIC (kopilot) 28 tahun, dan tidur di kokpit selama 30 menit. 

“Selama persiapan penerbangan, kopilot memberi tahu pilot bahwa ia tidak memiliki istirahat yang cukup,” tulis laporan KNKT, Sabtu (9/3).

Tak lama setelahnya, pilot terbangun dan menawarkan apakah SIC ingin beristirahat. SIC menjawab bahwa dia tidak ingin beristirahat. Kedua pilot kemudian melakukan percakapan yang tidak terkait dengan tugas selama sekitar 30 detik. 

SIC meminta untuk terbang dengan arah 250° kepada Area Control Center (ACC) Makassar untuk menghindari kondisi cuaca buruk dan disetujui. ACC Makassar kemudian menginstruksikan pesawat untuk menghubungi ATC Jakarta. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...