Penumpang Buat Ulah, Batik Air Kembali ke Bandara Setelah Lepas Landas

Tia Dwitiani Komalasari
14 Juli 2023, 08:24
Batik Air
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Batik Air

Pesawat Batik Air rute Jakarta-Gorontalo kembali ke bandara asal setelah lepas landas sekitar 30 menit. Langkah yang tidak biasa itu dipicu salah satu penumpang yang berperilaku tidak tenang di dalam pesawat. 

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada penerbangan ID-6242 rute Jakarta ke Gorontalo yang berlangsung pada Rabu, 12 Juli 2023. Penerbangan ID-6242 dipersiapkan dan dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

Pesawat Batik Air tersebut dijadwalkan terbang pukul 03.55 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Djalaluddin pukul 08.00 WITA. Penerbangan ini dioperasikan pesawat Airbus 320-200 beregistrasi PK-BKK, membawa 6 enam kru pesawat dan 126 penumpang.

Sekitar 30 menit setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal. Hal itu disebabkan ada salah satu tamu laki-laki berinisial MS (25 tahun) melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan penerbangan.

"Tamu yang duduk di kursi nomor 24C itu berperilaku tidak tenang dan merusak lapisan mika penutup jendela," kata Danang melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (14/7).

 Danang mengatakan, kru yang bertugas telah melakukan prosedur penanganan standar bagi penumpang yang membahayakan penerbangan dengan upaya untuk menenangkan tamu MS. Namun, upaya tersebut tidak berhasil.

Hingga akhirnya, pilot memutuskan untuk kembali ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. "Pesawat Batik Air mendarat dengan normal, dan setelah mendarat, tamu MS langsung dibawa oleh petugas keamanan untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut," kata Danang.

Penerbangan Diundur 5 Jam

Akibat peristiwa tersebut, seluruh tamu penerbangan ID-6242 terpaksa harus turun dari pesawat. Mereka diarahkan menuju ruang tunggu untuk mendapatkan pelayanan dan informasi lebih lanjut sehubungan dengan persiapan kembali penerbangan ID-6242.

Danang mengatakan, Batik Air telah mempersiapkan penerbangan ID-6242 dengan menggunakan pesawat Batik Air lainnya.

"Namun, perlu disampaikan bahwa persiapan penggantian pesawat membutuhkan waktu yang cukup signifikan untuk dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan seluruh tamu penerbangan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...