Top News: Komitmen Investasi UEA di RI, StudyX Kerjakan soal Simak UI

Aryo Widhy Wicaksono
17 Juli 2024, 05:45
Presiden Jokowi berjalan bersama Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan di sela-sela penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Kemenkes RI/ Jerry Adiguna/wsj.
Presiden Jokowi (kanan) berjalan bersama Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai rangkaian kunjungan kenegaraan ke Uni Emirat Arab (UEA). Presiden akan menemui Kepala Negara sekaligus Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ.

Kemudian, Jokowi rencananya juga akan menemui pimpinan Emaar Properties, Mohamed Ali Rashed Alabbar.

Emaar Properties merupakan perusahaan pengembang real estate dari UEA yang terlibat dalam proyek-proyek seperti menara Burj Khalifa dan Dubai Mall. Mohamed sebelumnya telah mengunjungi IKN, dan kerap menawarkan komitmen investasi di Indonesia.

Komitmen yang mereka tawarkan beragam, dari wacana pembangunan fasilitas perkotaan, sarana pendidikan, infrastruktur, hingga industri minyak dan gas.

Komitmen investasi UEA di Indonesia menjadi salah satu artikel dalam daftar Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga respons OJK terhadap pembatalan rencana merger Bank MNC dengan Bank Nobu, serta aplikasi AI yang tengah menjadi perbincangan di media sosial karena mengerjakan soal ujian Simak UI.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Deret Komitmen Investasi UEA di Indonesia Kala Jokowi ke Abu Dhabi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kenegaraan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (16/7). Di UEA, Jokowi bakal menemui Kepala Negara UEA sekaligus Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan bertemu pimpinan Emaar Properties, Mohamed Ali Rashed Alabbar. Emaar Properties merupakan perusahaan pengembang real estate dari UEA yang terlibat dalam proyek-proyek seperti menara Burj Khalifa dan Dubai Mall.

Mohamed Ali Rashed Alabbar sebelumnya telah mengunjungi IKN Nusantara pada 26 Mei 2024 lalu. Dalam kunjungan tersebut, ia didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Perusahaan asal UEA belakangan kerap menawarkan komitmen investasi di Indonesia. Komitmen yang mereka tawarkan cenderung beragam, mulai dari wacana pembangunan fasilitas perkotaan, sarana pendidikan hingga infrastruktur penduduk industri minyak dan gas.

2. TikTok Dikabarkan Segera Saingi Traveloka dan Tiket.com

TikTok dikabarkan merambah bisnis pariwisata digital atau online travel agent (OTA) di Indonesia dan Thailand. Perusahaan asal Cina ini akan bersaing dengan Traveloka dan Tiket.com.

Hal itu diketahui dari laporan media lokal Cina Tiongkok 36Kr. Para pemilik restoran dan pedagang di Thailand dan Indonesia diarahkan untuk bergabung ke fitur ‘layanan lokal TikTok’.

Di situs rekrutmen resmi TikTok, terdapat hampir 30 lowongan terkait bisnis layanan lokal di Singapura, Jakarta, dan Bangkok. TikTok juga berencana terjun ke bisnis rekreasi.

“Layanan ini memungkinkan pengguna memperoleh voucer pembelian tiket pesawat dan hotel yang disediakan oleh penyedia layanan pihak ketiga,” kata sumber yang berbasis di Indonesia dikutip dari South China Morning Post, akhir pekan lalu (12/7).

TikTok mengatakan dalam pernyataan kepada South China Morning Post pada Jumat bahwa operasional layanan lokal di Thailand dan Indonesia masih dalam tahap pengujian.

3. Merger Bank MNC dan Nobu Dikabarkan Batal, OJK Berikan Penjelasan

Rencana merger atau penyatuan usaha antara PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) dan PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) hingga kini belum terealisasi. Bahkan, beredar kabar rencana merger dua bank tersebut batal dilaksanakan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun turut menanggapi kabar yang beredar. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae memastikan kabar merger kedua bank tetap berlanjut dan terus berproses.

Dian menjelaskan upaya menyatukan dua bank yang memiliki karakteristik bisnis dan budaya perusahaan yang berbeda perlu dilakukan secara berhati-hati. Alasan ini bisa saja membuat proses merger membutuhkan waktu tak singkat.

"Sampai dengan saat ini, belum ada informasi mengenai pembatalan rencana merger dimaksud," kata Dian dalam keterangan yang dikutip, Selasa (16/7).

Menurut Dian, kehati-hatian merupakan hal penting dalam menjalankan proses agar menghasilkan bank yang sehat dan mampu berkembang secara berkelanjutan usai merger.

4. IHSG Diprediksi Terkoreksi, Saham JPFA hingga ADRO Masuk Rekomendasi

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diperkirakan terkoreksi pada perdagangan hari ini. Phintraco Sekuritas menyebut ada beberapa sentimen yang mempengaruhi gerak IHSG.

Dari Internal, data nilai ekspor Indonesia tumbuh 1,17% secara tahunan atau year on year (yoy) di Juni 2024. Angka ini jauh lebih rendah dari ekspektasi.

"Kondisi ini turut memicu aksi ambil untung di perdagangan hari ini" tulis Phintraco Sekuritas dalam riset resminya, Selasa (16/7).

Dari eksternal, percobaan pembunuhan pada Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump memicu spekulasi kebijakan inward looking (berorientasi ke dalam) yang lebih ekstrim. Terlebih bila Trump memenangkan pemilu di November 2024 mendatang.

"Dampak negatif terhadap perdagangan dunia dikhawatirkan lebih signifikan dari periode pertama kepemimpinan Trump," sebut Phintraco Sekuritas.

5. Mengenal StudyX, Aplikasi AI Viral untuk Kerjakan Soal Simak UI

Viral di media sosial peserta Simak UI atau seleksi masuk Universitas Indonesia mengerjakan soal menggunakan platform kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) StudyX.

StudyX adalah aplikasi berbasis AI yang berfungsi membantu dalam mengerjakan soal pelajaran. Platform ini didukung oleh teknologi GPT-4, GPT-4 Turbo, Bard, dan model AI lainnya.

Perusahaan mengklaim, StudyX AI memiliki tingkat akurasi 92% dalam menjawab pertanyaan pekerjaan rumah atau PR tingkat perguruan tinggi. Ini mencakup mata pelajaran seperti matematika, bisnis, dan lainnya.

StudyX mencatat telah memiliki 200 ribu pengguna, 500 ahli, 30 teman AI, dan 74 juta jawaban komunitas.

Perusahaan mengklaim dipercaya oleh lebih dari satu juta pelajar dari lebih dari 2.000 institusi di seluruh dunia, termasuk seperti The University of Chicago, Berkeley University of California, The university of Manchester, dan London School of Economics and Political Science.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...