Top News: Prabowo Rampungkan Susunan Kabinet dan 43 Calon Tunggal di Pilkada

Aryo Widhy Wicaksono
2 September 2024, 05:35
Presiden terpilih, Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta.
Fauza Syahputra|Katadata
Presiden terpilih, Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kanan) di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden terpilih Prabowo Subianto telah merampungkan penyusunan kabinet untuk pemerintahannya mendatang.

Hal ini dilakukan dengan melakukan perbincangan secara terbatas dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Terpilih, serta sejumlah pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM)

Diskusi ini telah mengerucut untuk menentukan sejumlah nama yang akan terpilih menjadi menteri pada kabinet Prabowo-Gibran untuk periode 2024 - 2029.

Pembentukan kabinet Prabowo-Gibran menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Selain itu, simak juga daftar arties dan pesohor yang telah mendaftar maju Pilkada 2024, serta kebakaran di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Beragam artikel terpopuler ini kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id.

1. Prabowo Rampungkan Susunan Kabinet, Godok Bareng Partai Koalisi dan Gibran

Calon presiden terpilih Prabowo Subianto merampungkan penyusunan kabinet di pemerintahan periode 2024-2029. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan pembahasan terus dilakukan.

Menurut Muzani penempatan menteri pada pemerintahan Prabowo - Gibran merupakan hak prerogatif Prabowo selaku presiden terpilih. Karena itu ia tidak bisa memberi penjelasan atas sejumlah nama kabinet Prabowo yang beredar di media sosial.

"Saya tidak begitu paham apakah valid atau tidak, karena itu hak prerogatif Pak Prabowo," ujar Muzani di sela Rapimnas Gerindra seperti dikutip Sabtu (31/8).

Lebih jauh ia mengatakan Prabowo sudah melakukan perbincangan terbatas dengan Gibran dan sejumlah pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Diskusi mengerucut untuk menentukan siapa saja yang akan ditunjuk menjadi menteri kabinet Prabowo-Gibran.

2. Daftar 43 Daerah Pilkada Hanya Diikuti Calon Tunggal, Ada Bangka dan Gresik

omisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan bahwa terdapat 43 daerah yang berpotensi memiliki calon tunggal dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2024. Hal ini berdasarkatan data terbaru KPU pada Jumat (30/8) pukul 17.00 WIB.

"43 daerah tersebut terdiri atas satu provinsi di Papua Barat, lima kota, dan 37 kabupaten, yang berpotensi memiliki calon tunggal," kata Anggota KPU Idham Holik di kantor KPU Jakarta, Jumat (30/8).

Nantinya, pasangan calon tunggal bertarung melawan kotak kosong harus memperoleh suara 50% lebih untuk dapat ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih.

Jika ada calon tunggal yang tidak mencapai 50% lebih dari total jumlah pemilih, maka daerah itu akan dipimpin oleh penjabat sementara (Pjs) sampai Pilkada berikutnya.

3. Daftar 15 Artis dan Publik Figur Maju Pilkada 2024, Ramzi hingga Kris Dayanti

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menutup masa pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

KPU mencatat jumlah pendaftar calon kepala daerah pada Pilkada 2024 mencapai 1.518 pasangan calon.

Jumlah pasangan yang maju terdiri dari 1.467 paslon yang diusung partai politik dan 51 paslon maju dari jalur independen.

"Proses pendaftaran pasangan calon di rentang 27 hingga 29 Agustus atau selama tiga hari berjalan lancar," kata Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik seperti dikutip Sabtu (31/8).

Menurut Idham, selama tiga hari tersebut KPU menerima sebanyak 1.467 pasangan calon mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Ia merinci terdapat 100 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar di 37 provinsi yang menggelar Pilkada 2024.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten dari 415 daerah penyelenggara pilkada total terdapat 1.095 pasangan calon. Sementara untuk tingkat kota terdapat 93 yang menggelar Pilkada dengan jumlah 272 pasangan calon.

Dari jumlah calon yang maju terdapat pula sejumlah artis dan publik figur yang maju di Pilkada. Mereka maju setelah mendapat restu dari partai politik.

4. Angkasa Pura II Investigasi Penyebab Kebakaran di Terminal 3 Bandara Soetta

PT Angkasa Pura II tengah melakukan investigasi terkait peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu tenant food and beverage (F&B) di area keberangkatan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang.

SM Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi menyampaikan, bahwa proses investigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Investigasi terkait penyebab munculnya titik api di salah satu tenant tersebut tengah berjalan," kata Holik dalam keterangan resmi, Minggu (1/9).

Pihak Angkasa Pura II memohon maaf kepada para penumpang pesawat terhadap kenyamanan yang timbul akibat peristiwa kebakaran tersebut. "Saat ini operasional penerbangan Bandara Soekarno-Hatta tetap berjalan dengan normal," ujar Holik.

5. Investasi Asing Melonjak, BI Catat Dana Masuk Rp 187,6 Triliun Sepanjang 2024

Bank Indonesia atau BI mencatat tren positif di pasar keuangan Tanah Air pada periode 26-30 Agustus. Aliran modal asing masuk ke dalam negeri pada minggu kelima Agustus mencatatkan pembelian neto sebesar Rp 6,21 triliun.

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi, Erwin Haryono menjelaskan aliran dana masuk itu terdiri dari Rp 3,89 triliun diserap di pasar saham, Rp 1,56 triliun di Sertifikat Bank Indonesia (SRBI), dan Rp 0,76 triliun di pasar SBN.

Sepanjang 2024, investor asing telah melakukan pembelian neto sebesar Rp 187,66 triliun di SRBI, Rp 12,79 triliun di pasar saham, dan Rp 9,20 triliun di pasar SBN.

“Sementara itu, pada semester kedua 2024, pembelian neto tercatat sebesar Rp 57,31 triliun di SRBI, Rp 43,15 triliun di pasar SBN, dan Rp 12,45 triliun di pasar saham,” ujar Erwin seperti dikutip pada Sabtu (31/8).

Erwin mengatakan Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi makro Indonesia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...