Kepolisian Perkuat Keamanan di Hambalang Jelang Pembekalan Calon Menteri Prabowo

Ferrika Lukmana Sari
16 Oktober 2024, 07:47
Prabowo
ANTARA/M Fikri Setiawan
Kabag Ops Polres Bogor Kompol Bayi Tri Nugraha di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (15/10).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Kepolisian Resor Bogor memperketat keamanan di wilayah sekitar kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, Hambalang, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satunya juga terkait keamanan ageda pembelakan calon menteri di kediaman Prabowo, pada Rabu pagi (16/10). 

Kabag Ops Polres Bogor Kompol Bayi Tri Nugraha mengungkapkan bahwa pengamanan ekstra dilakukan karena Prabowo tak lama lagi dilantik menjadi presiden.

"Ada penambahan fokus (pengamanan), baik dari jumlah personel, terutama di Polsek Babakanmadang. Kapolres juga terus memantau pembangunan pos terpadu di Babakanmadang," kata Bayu di Cibinong, Jawa Barat, Selasa (15/10).

Ia menjelaskan, pos terpadu berdiri di Simpang Belanova Sentul City, untuk memudahkan presiden melintas, jika pulang ke Padepokan Garuda Yaksa, Bojongkoneng. "Di pos terpadu ada rekan-rekan dari dinas perhubungan, TNI dan Polri. Saat Presiden melintas, kita lakukan pengamanan," ujarnya.

Sampaikan dengan Selasa malam, sekitar 80 personel telah disiapkan untuk bertugas di pos terpadu. Namun, ke depan jumlah akan ditambah. "Tentunya di backup dari Polres dan berkolaborasi dengan stakeholder lainnya untuk pelaksanaan nanti pada saat setelah pelantikan di 20 Oktober berarti hari Minggu," kata Bayu.

Pembekalan Calon Menteri Prabowo

Prabowo menyebut kegiatan pembekalan para calon menteri dan pejabat digelar pada Rabu pagi (16/10), di kediamannya yang berlokasi di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

"Pagi, pagi banget," kata Prabowo singkat saat meninggalkan kediamannya menggunakan mobil di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (15/10).

Sejauh ini jumlah calon menteri, calon wakil menteri, serta calon pejabat lainnya yang telah dipanggil Prabowo ke Kertanegara berjumlah 49 tokoh pada Senin (14/10), dan 59 pada Selasa (15/10).

Selama proses pemanggilan dan pertemuan, Prabowo pun berada di dalam kediamannya. Dia tiba ke kediamannya itu pada sekitar pukul 14.00 WIB dan meninggalkannya pada sekitar pukul 17.00 WIB.

Meski begitu, tokoh-tokoh yang akan dipanggil itu belum dipastikan bakal menjabat dalam kabinet selanjutnya. Keputusan akhir bagi para calon pejabat dalam kabinet itu bakal ditentukan pada 19 Oktober 2024 sebelum pelantikan presiden dan Wakil Presiden.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut pembekalan tersebut akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka juga direncanakan hadir dalam agenda pembekalan itu.

"Saya belum tahu apakah menteri dan wakil menteri, tapi besok yang pasti ada pembekalan," kata dia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...