Jokowi Ingin Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Turis Tajir

Dimas Jarot Bayu
20 Januari 2020, 19:14
Jokowi Ingin Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata bagi Turis Tajir
Katadata/Agustiyanti
Ilustrasi, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Presiden Jokowi ingin Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi wisata super premium. Untuk itu, pengembangan wilayah ini disesuaikan dengan segmen turis berpendapatan menengah ke atas.

“Kami memang ingin agar segmen pasar wisatawan yang hadir di sini yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan,” kata Jokowi saat rapat terbatas di Hotel Plataran Komodo, Labuan Bajo, NTT, Senin (20/1).

Advertisement

Atas dasar itu, Jokowi ingin agar kawasan Labuan Bajo ditata sesuai dengan segmen pasar tersebut. Penataan itu mulai dari kerapian, kebersihan, kenyamanan hingga keamanan.

(Baca: Jokowi Pantau Proyek Triliunan Labuan Bajo, Bandara hingga Pelabuhan)

Kepala Negara mengatakan, ada lima zona di Labuan Bajo yang perlu ditata yaitu Bukit Pramuka, Kampung Air, pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, Kawasan Marina, serta Kampung Ujung. Kelima area ini akan menjadi ruang publik terintegrasi dengan lanskap yang indah.

“Ini yang menjadi generator penggerak pembangunan kawasan serta pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo," kata Jokowi.

Terkait infrastruktur, Jokowi ingin pembangunan landasan pacu dan terminal bandara di wilayah tersebut segera dimulai. Dia juga berharap lalu lintas bandara bisa meningkat seiring naiknya jumlah wisatawan.

Jokowi juga ingin keahlian dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di sekitar kawasan Labuan Bajo ditingkatkan. Dengan begitu, SDM tersebut bisa dilibatkan dalam pembangunan kawasan Labuan Bajo.

(Baca: Jokowi Tinjau Infrastruktur dan Resmikan Hotel BUMN di Labuan Bajo)

Tak hanya itu, Presiden ingin usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat dilibatkan. Ia berharap ada sebuah creative hub yang menggarap produk-produk lokal, baik dari sisi pengemasan, desain, harga, dan lain-lain.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement