Virus Corona Mewabah, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli Berikan Promosi

Tokopedia, Bukalapak dan Blibli memberikan gratis ongkos kirim seiring mewabahnya virus corona. Ketiganya juga menjanjikan harga produk normal.
Cindy Mutia Annur
18 Maret 2020, 04:55
Virus Corona Mewabah, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli Berikan Promosi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Kasus positif virus corona di Indonesia bertambah menjadi 172 per kemarin (17/3). Seiring mewabahnya virus covid-19, startup e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli pun memberikan promosi seperti gratis ongkos kirim.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, transaksi produk kesehatan di platform-nya meningkat seiring mewabahnya virus corona. Perusahaan pun mengawasi harga produk supaya tidak meningkat di luar batas kewajaran.

Salah satu unicorn Tanah Air itu juga membuat fitur ‘Pantau Corona’ guna memberikan informasi terkait virus covid-19. “Mengadakan promosi khusus untuk kategori produk kesehatan seperti gratis ongkir, agar sebanyak mungkin masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan alat-alat kesehatan untuk melindungi diri dari pandemic corona,” kata Intan kepada Katadata.co.id, kemarin (17/3).

(Baca: Shopee dan Lazada Bakal Nonaktif Akun Penjual Masker Harga Jutaan)

Advertisement

Hal serupa dilakukan oleh Tokopedia. “Dengan fitur Bebas Ongkir, pengguna Tokopedia dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk kesehatan dan kebutuhan pokok lainnya tanpa perlu pergi ke tempat-tempat ramai,” kata Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya melalui akun Instagram-nya @liamtanu, Senin (16/3).

William juga memastikan bahwa perusahaannya berusaha memenuhi kebutuhan produk di platform. “Dengan harga yang dijamin normal. Saat ini, kami percaya bahwa belanja online dapat menjadi alternatif untuk meredam penyebaran pandemi (corona) ini,” katanya.

(Baca: Incar Konsumen Daerah, Tokopedia Beri Gratis Ongkos Kirim Tahun Depan)

Sedangkan Vice President Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan memperkirakan, permintaan produk groceries atau kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan meningkat. Kebutuhan itu dijual khusus melalui fitur Bliblimart.

Blibli juga memastikan ketersediaan produk di kategori Bliblimart dengan harga yang sesuai pasaran. “Tentunya para pelanggan kami dapat terbantu dengan fasilitas gratis ongkos kirim tersebut tanpa terikat dengan momen-momen tertentu,” kata Yolanda kepada Katadata.co.id.

(Baca: Tokopedia hingga Bukalapak Respons Harga Masker Jutaan Rupiah)

Katadata.co.id juga menghubungi Shopee dan Lazada terkait proyeksi peningkatan transaksi dan ada tidaknya promosi selama wabah virus corona. Namun, keduanya belum memberikan tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Shopee dan Lazada memberikan gratis ongkos kirim untuk kategori dan nominal tertentu. (Baca: Tokopedia dan Bukalapak Respons Maraknya Penjual Obat Antivirus Corona)

 

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait