Tokopedia hingga Bukalapak Respons Harga Masker Jutaan Rupiah

Cindy Mutia Annur
4 Maret 2020, 12:01
Tokopedia hingga Bukalapak Respons Harga Masker Jutaan Rupiah
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, calon pembeli mamadati sentra alat dan produk kesehatan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (3/3/2020).

Harga masker naik dratis saat kemunculan virus corona. Harganya sempat turun akhir bulan lalu, dan kini naik lagi hingga menyentuh Rp 24,5 juta per 100 kotak. Startup e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak mengimbau konsumen untuk melapor.

Konsumen bisa melaporkan penjual yang menjajakan masker kesehatan dengan harga yang jauh melebihi pasaran, melalui fitur ‘lapor’ di masing-masing platform.

Advertisement

Bukalapak memperbolehkan penjual menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing. Namun, perusahaan akan menindak penjual yang memanfaatkan situasi pandemi untuk meraup keuntungan tidak wajar dan menghalangi akses masyarakat pada penggunaan alat kesehatan.

(Baca: Konsumen Ditipu Puluhan Juta, Bukalapak Blokir Akun Penjual Masker)

Konsumen diminta melapor, lalu akan ditindaklanjuti oleh tim BukaBantuan. "Penjual yang dilaporkan para pembeli karena menaikkan harga secara tidak wajar akan segera di-takedown dan kami juga mengadaptasi algoritma untuk mendeteksi," ujar Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono kepada Katadata.co.id, Rabu (4/3). 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, masker kesehatan dijual Rp 728 ribu oleh akun Seasonkerfien2101 di platform Bukalapak. Sedangkan sekotak masker N95 dibanderol Rp 1,2 juta oleh akun Belgia Store.

Toko bernama siswoyo House di Tokopedia juga menjual sekotak masker bedah Rp 3 juta. Akun sumbeRezeki08 menjual masker N95 Rp 1,5 juta. Begitu juga dengan penjual Shopee. Sekotak masker N95 dijual Rp 2,3 juta oleh akun sabripatmarket. Lalu, masker bedah dibanderol Rp 950 ribu oleh akun tokojhunaidi.

(Baca: Sempat Naik Efek Virus Corona, Harga Masker di E-Commerce Mulai Turun)

Di Lazada, masker bedah berisi 100 kotak bahkan dijual Rp 24,5 juta oleh akun IBINKSTORE94. Artinya satu kotak seharga Rp 245 ribu. Sedangkan masker N95 dijual Rp 2,8 juta oleh akun Salim Store 1582078529.

Begitu juga di Blibli, sekotak masker N95 dijual Rp 2,1 juta oleh akun Moradolio Store. Akun Best Deal Accesories Corner menjual sekotak masker bedah seharga Rp 450 ribu.

Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak sempat menyampaikan, perusahaan terus berupaya memastikan tak ada kenaikan harga secara tidak wajar, terutama untuk produk masker kesehatan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement