Aplikasi Kesehatan Good Doctor dan Halodoc Buat Program Atasi Corona

Mitra Gojek, Halodoc dan mitra Grab, Good Doctor menawarkan konsultasi dengan dokter gratis. Hal ini untuk mengatasi penyebaran virus corona.
Cindy Mutia Annur
17 Maret 2020, 19:28
Good Doctor Gaet Dinkes Jakarta Atasi Corona, Halodoc Siapkan Promosi
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, petugas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020).

Transaksi di aplikasi kesehatan meningkat seiring mewabahnya virus corona di Indonesia. Mitra Grab, Good Doctor menggaet Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi pandemi corona. Sedangkan platform yang masuk ekosistem Gojek, Halodoc menyiapkan promosi atau insentif.

Vice President Marketing Communications Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan, perusahannya rutin memberikan informasi terkait virus corona melalui situs web, aplikasi dan media sosial. Langkah ini diharapkan mengurangi penyebaran hoaks terkait virus covid-19 di Indonsia.

Selain itu, Halodoc mengadakan cek risiko virus corona gratis. Perusahaan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menerapkan layanan itu.

(Baca: Kunjungan ke Aplikasi Alodokter & Halodoc Naik 600% Efek Virus Corona)

Advertisement

“Untuk pengguna pertama, Halodoc juga memberikan konsultasi dengan dokter gratis di aplikasi dan situs web. Selanjutnya Halodoc akan pasti mengadakan insentif lebih yang diseusaikan dengan situasi di Indonesia,” kata Felicia kepada Katadata.co.id, Selasa (17/3).

Halodoc mencatat pencarian dengan kata kunci virus corona meningkat 600% sejak virus ini mewabah. Pasca-pengumuman dua warga Depok terinfeksi virus corona, transaksi di platform Halodoc pun melonjak dua kali lipat.

Startup di sektor kesehatan itu mencatat, konsumen paling banyak mencari obat herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan vitamin. (Baca: Virus Corona Masuk Indonesia, Transaksi Halodoc Naik Dua Kali Lipat)

Halodoc memastikan stok vitamin, hand sanitizer, dan masker kesehatan aman, serta menjamin harganya lebih murah dibanding pasaran. Kepada Katadata.co.id, Halodoc mengaku sudah menggaet 1.800 apotek.

Selain produk, Halodoc mencatat permintaan layanan konsultasi meningkat. Karena itu, perusahaan menambah jumlah dokter yang menyediakan layanan 24 jam. 

Sedangkan anak usaha Ping An Good Doctor, Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) membentuk unit kerja khusus yang disebut Team-9. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Good Doctor menyediakan layanan tanya jawab dengan dokter secara online di fitur GrabHealth.

(Baca: Danu Wicaksana, Eks CEO LinkAja yang Pindah ke Good Doctor Indonesia)

 Konsultasi kesehatan dengan dokter umum di Good Doctor gratis, sementara dengan dokter spesialis dibanderal mulai dari Rp 10 ribu. Layanan ini dapat diakses pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Manado.

“Warga DKI Jakarta dapat tanya jawab langsung dengan dokter kami, bukan dengan chatbot,” kata Head of Medical Management of Good Doctor dr Adhiatma Gunawan dalam siaran pers.

Saat ini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng beberapa instansi nonpemerintah dalam memberikan informasi terkait virus covid-19 kepada masyarakat. “Selain menghubungi hotline, bisa langsung tanya dokter gratis tanpa dipungut biaya melalui layanan Good Doctor di aplikasi Grab,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta drg Ani Rusitawati MM.

(Baca: Gaet Ratusan Dokter, GrabHealth Tawarkan Konsultasi Kesehatan Gratis)

Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait