Setelah Instagram, Giliran TikTok Luncurkan Fitur Belanja

Desy Setyowati
18 November 2019, 12:20
tiktok meluncurkan dua fitur untuk berbelanja
Wikipedia
Ilustrasi, aplikasi Tik Tok yang di Tiongkok dikenal dengan nama Douyin.

Perusahaan teknologi penyedia platform media sosial mulai merambah pasar e-commerce. Facebook sudah menambahkan fitur belanja online di WhatsApp dan Instagram, kini giliran TikTok.

TikTok menambahkan fitur berupa tautan ke situs e-commerce di biografi profil. Layanan ini mirip Instagram pada bagian profil, di mana pengguna lainnya bisa membuka tautan itu dan langsung masuk ke situs terkait.

Selain itu, tersedia fitur yang memungkinkan pemilik akun mengarahkan pengguna lainnya atau pengikutnya ke situs e-commerce. Dengan begitu, calon pembelinya bisa langsung melihat toko online milik pengguna.

“Kami selalu bereksperimen dengan cara-cara baru untuk meningkatkan pengalaman aplikasi (User Interface dan User Experience/UI UX) bagi pengguna," kata Juru Bicara ByteDance dikutip dari Tech Crunch akhir pekan lalu (15/11). ByteDance merupakan pengembang TikTok, berbasis di Tiongkok.

(Baca: Bersaing dengan E-Commerce, WhatsApp Rilis Fitur Katalog di Indonesia)

Namun, fitur ini dapat mengubah cara influencer memasarkan produk, karena pengguna bisa langsung terhubung ke situs belanja online. "Kami fokus pada cara untuk menginspirasi kreativitas, membawa kegembiraan, dan menambah nilai bagi komunitas," katanya.

Kedua fitur itu pertama kali dibagikan oleh pendiri startup untuk influencer di Tiongkok, Uplab, Fabian Bern. Ia mengunggah video terkait penggunaan fitur-fitur tersebut melalui akun Twitter-nya.

Dalam video itu, tampak bahwa pengguna bisa menambahkan URL di bio profil mereka. Padahal, sebelumnya influencer yang mengarahkan penggemar mereka ke toko online yang menjadi sponsor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...