Hasil Survei: Pria Lebih Sering Belanja Online secara Kredit

Pria banyak membeli produk fashion dan aksesorisnya, serta gawai di e-commerce.
Desy Setyowati
5 Maret 2019, 14:50
Kredivo
Kredivo
Aplikasi Kredivo

Perusahaan teknologi finansial alias financial technology (fintech) pinjam-meminjam Kredivo mencatat 57,6 % penggunanya merupakan laki-laki, baru sisanya perempuan. Rupanya, laki-laki lebih banyak berbelanja di e-commerce dengan cara mencicil.

Data tersebut diperoleh dari survei Kredivo terhadap 50 ribu sampel pengguna pada November 2018 hingga Januari 2019. Berdasarkan survei tersebut, 21 % responden menggunakan layanan cicilan online di e-commerce. Lalu, 30 % menggunakan layanan pinjaman tunai dan hampir 85% memakai layanan bayar dalam sebulan.

Khusus pada 21 % responden yang berbelanja di e-commerce dengan cara mencicil tadi, sebanyak 66,7 % di antaranya merupakan pria.  "Laki-laki mencari cara untuk memenuhi kebutuhan (hidup), namun menjaga arus kas tetap aman," kata Head of Marketing Kredivo Indina Andamari dalam siaran resminya, Selasa (5/3). Untuk itu, ia tak heran bila laki-laki lebih banyak mencicil guna menjaga arus kas.

(Baca: Gandeng Moka, Kredivo Hadirkan Kredit Digital pada Transaksi Offline)

Advertisement

Selain itu, Harvard Business Review melaporkan, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa laki-laki cenderung lebih berani mengambil risiko dibanding perempuan, baik dalam hal keuangan maupun lainnya. Perbedaan gender mempengaruhi aktivitas otak dalam memperhitungkan risiko dan cara mereka mengambil tindakan.

Sejalan dengan hal itu, Indina optimistis layanan cicilan di e-commerce ini akan banyak peminatnya. Apalagi, McKinsey memproyeksikan bahwa nilai pasar e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat selama 2017-2022. Itu artinya, aktivitas berbelanja di e-commerce juga akan meningkat.

Toh, sejauh ini ia mencatat bahwa penetrasi kartu kredit belum berbanding lurus dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia. "Pengguna bisa membeli barang bernilai cukup tinggi seperti gawai dan aksesoris melalui fitur cicilan tanpa uang muka sampai 12 bulan di Kredivo," kata Indina.

Ia mencatat, 39,3 % pengguna laki-laki di Kredivo membeli produk fashion dan aksesoris. Lalu, 36,8 % membeli gawai dan 18 % berbelanja perlengkapan rumah tangga sebesar di e-commerce.

Sedangkan 55 % pengguna perempuan membeli produk fashion dan aksesorisnya di e-commerce menggunakan layanan Kredivo. Lalu, 41 % membeli produk kesehatan dan kecantikan. Baru kemudian, 26,2 % berbelanja perlengkapan rumah tangga.

(Baca: Fintech Lending Bakal Makin Gencar Dekati Perbankan dan E-Commerce)

Adapun saat ini Kredivo sudah tersedia di lebih dari 250 mitra di Indonesia, termasuk Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Tiket.com. Kredivo membatasi pinjaman hingga Rp 30 juta per orang, dengan bunga mulai dari 2,95 % per bulan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait