Tak Hanya Gojek, BRI Beri Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Driver Grab

BRI menyediakan fasilitas pinjaman bunga ringan bagi mitra taksi dan ojek online Grab dan Gojek, serta merchant GoFood dan GrabFood.
Desy Setyowati
13 Mei 2020, 15:36
Tak Hanya Gojek, BRI Beri Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Driver Grab
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, mitra pengemudi Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4/2018).

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan fasilitas pinjaman bunga ringan bagi mitra pengemudi taksi dan ojek online Grab, merchant GrabFood dan GrabKios. Fasilitas serupa juga diberikan kepada mitra pengemudi dan merchant Gojek.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyambut positif kerja sama dengan BRI. “Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” kata dia dalam siaran pers, Rabu (13/5).

Mitra pengemudi bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman sampai Rp 5 juta, dengan tenor 24 bulan. Selama tiga bulan pertama, mitra pengemudi Grab dibebaskan dari membayar cicilan.

(Baca: Gaet BRI, Gojek Beri Kredit Bunga Ringan Bagi Pengemudi & Mitra GoFood)

Advertisement

Selain itu, proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra. Hal ini untuk memudahkan mitra pengemudi.

Dengan membuka rekening Britama untuk pinjaman tersebut, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo. Maksimum coverage hingga Rp 150 juta.

Untuk tahap awal, 1.000 mitra pengemudi Grab di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dapat mengakses fasilitas pinjaman bunga ringan ini. (Baca: Ramadan Diwarnai PSBB & Larangan Mudik, Grab Rilis 9 Fitur dan Layanan)

Tak hanya itu, Grab dan BRI bekerja sama untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi merchant GrabFood dan mitra GrabKios. Hanya, KUR diberikan kepada mitra yang selama ini belum mendapatkan akses kredit ke bank.

KUR merupakan program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai Rp 50 juta. Suku bunga yang ditawarkan yakni 6% per tahun, dengan masa pinjaman selama satu hingga tiga tahun.

Melalui kolaborasi tersebut, merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses pengajuannya, setelah melalui screening awal. Hal ini dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

“Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan  ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab,” Direktur Konsumer BRI Handayani.

(Baca: Bodebek Terapkan PSBB, Grab dan Gojek Non-aktif Fitur Antar Penumpang)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait