Hadapi 3 Tantangan, Fintech DANA Andalkan 20 Fitur Saat Normal Baru
Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran DANA mengungkapkan, ada tiga tantangan yang harus mereka hadapi imbas pandemi corona. Kendati begitu, DANA mengandalkan 20 fitur untuk mendorong transaksi saat masuk fase normal baru (new normal).
Tantangan pertama, kurangnya edukasi terkait penggunaan layanan fintech di Indonesia. Kedua, kepercayaan konsumen terhadap layanan digital dinilai kurang. Apalagi, dalam beberapa bulan terakhir, marak informasi terkait kebocoran data pengguna di sejumlah platform.
"Tugas kami, menyampaikan bahwa layanan digital itu kalau dilakukan dengan benar, jauh lebih aman dan praktis," ujar CEO DANA Vincent Iswara saat konferensi pers secara virtual, Jumat (19/6).
Tantangan ketiga, mendorong kesadaran masyarakat tentang efisiensi penggunaan layanan fintech selama pandemi Covid-19. (Baca: Diterpa Kabar Merger dengan OVO, Bos DANA Fokus Usaha saat Pandemi)
Kendati ada ketiga tantangan tersebut, DANA optimistis bisa mendorong transaksi di tengah pandemi virus corona dengan mengandalkan 20 fitur. “Fitur-fitur ini 100% contactless, sehingga akan sangat membantu konsumen dalam menyambut normal baru," ujar dia.
Fitur pertama, Covid-19 Portal, yakni akses informasi terbaru seputar sebaran dan jumlah kasus corona di Indonesia. Platform ini juga memuat berita terkait pandemi, yang dikurasi. Lalu, e-consulltation alias fitur telemedicine dengan menggaet startup kesehatan YesDok.
Ketiga, Home Shopping & Nearby untuk berbelanja online di merchant DANA. Kemudian, Groceries atau fitur belanja kebutuhan sehari-hari melalui kolaborasi dengan Happy Fresh.
Selanjutnya fitur Transfer DANA alias DANA Kaget. Lalu, Billers and Pulsa, serta Binding Card & Digitizing Cash guna memudahkan konsumen menggunakan kartu debit dan kredit lewat platfrom.
(Baca: Pandemi Corona 'Pukul' Ekonomi RI, Startup Masih Minat ‘Bakar Uang’?)
Ada pula fitur DANA Bisnis untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) alias mitra. Kemudian layanan pembayaran di aplikasi MyBlueBird dan KitaBisa.com.
“Fitur donasi tumbuh enam kali lipat dibandingkan sebelum PSBB. Juga transaksi groceries naik hingga empat kali,” kata Senior Product Specialist DANA Handy Putranto.
Yang teranyar, perusahaan meluncurkan DANA Siaga yakni fitur asuransi jiwa dan kesehatan, lewat kolaborasi dengan PasarPolis. (Baca: DANA Gandeng PasarPolis Garap Layanan Asuransi Jiwa & Kesehatan)
Sebagai informasi, jumlah pengguna DANA mencapai lebih dari 40 juta saat ini. Pertumbuhan transaksi untuk seluruh layanan pembayaran di platform, kecuali transaksi offline pun melonjak.
Perusahaan mencatat, secara keseluruhan transaksi di platformnya tumbuh 50% dari Januari hingga pertengahan Mei. Pertumbuhan transaksi ini mulai dari UMKM, pengiriman dana, dan pembayaran tagihan.