Cara Baru Gojek Tingkatkan Pendapatan Kreator Konten di GoPlay

Unit bisnis Gojek, GoPlay meluncurkan dua fitur baru pada layanan siaran langsung. Salah satunya, diklaim dapat mendorong pendapatan kreator konten.
Image title
22 Oktober 2020, 19:09
Cara Baru Gojek Tingkatkan Pendapatan Kreator Konten di GoPlay
Gojek
Ilustrasi layanan GoPlay

Unit bisnis Gojek di bidang video on-demand (VoD), GoPlay menambahkan ratusan konten pada layanan siaran langsung (live streaming) yang dirilis Juli lalu. Perusahaan pun menambahkan dua fitur, yang salah satunya untuk meningkatkan pendapatan kreator konten (content creator).

Kedua fitur tersebut yakni hadiah virtual dan kuis di GoPlay Live. Penonton dapat mengapresiasi kreator konten dengan memberikan hadiah dan tip.

“Itu dapat menjadi penghasilan (tambahan) bagi artis, musisi, dan kreator konten,” kata Chief Operating Officer GoPlay Calvin Kizana saat media gathering peluncuran GoPlay Live Original Here Comes The Sun Virtual Edition, Kamis (22/10).

Sedangkan fitur kuis bertujuan meningkatkan interaksi antara kreator konten dengan penonton. Selama kuis berlangsung, pengguna juga berpotensi mendapatkan hadiah.

Calvin menyampaikan, konten yang paling diminati pengguna yakni konser musik. Saat pementasan hari jadi Tohpati dan Kunto Aji, penontonnya mencapai ribuan. Komedi, workshop, dan story telling juga dicari konsumen.

Untuk menggaet lebih banyak pengguna, GoPlay meluncurkan beragam fitur pada layanan GoPlay. Beberapa di antaranya shoutbox, running text, percakapan pribadi (private chat), TV cast, dan belanja online (live shopping).

Perusahaan juga mengembangkan konten original. Yang pertama kali dibuat yakni konser showcase bertajuk Here Comes The Sun Virtual Edition dengan menampilkan beberapa musisi independen, seperti Baskara Putra, Agatha Pricilla, Rayhan Noor, Aldrian Risjad, Feast, Mothern, Mantra Vutura, Natasha Udu, dan Martials.

Unit bisnis Gojek itu berencana membuat lebih banyak konten acara original. "Ke depan, kami berfokus pada GoPlay Live Original. Cari model konten dengan unsur interaktif," katanya.

CEO GoPlay Edy Sulistyo sempat mengatakan, pandemi corona menggeser perilaku konsumen dalam hal hiburan. Ia mencatat, ada lonjakan permintaan penyelenggaraan acara online di aplikasi Loket hingga 96%.

Penjualan tiket acara online-nya bahkan lebih dari 5 ribu. "Tren perilaku masyarakat bergeser ke arah sana," kata Edy dalam konferensi video, Juli lalu (23/7). Sedangkan Loket merupakan bagian dari ekosistem Gojek.

Oleh karena itu, GoPlay meluncurkan GoPlay Live. Sedangkan Loket akan mengakomodasi acara-acara dari kreator konten yang skalanya lebih kecil melalui Loket Live Studio.

Head of Loket Tubagus Utama mengatakan, layanan acara online menjadi peluang pemasukan baru bagi kreator konten saat pandemi Covid-19. "Ini mendorong para pengguna dan pembuat event untuk bertahan di tengah pandemi," ujarnya, September lalu (22/9).

Berdasarkan data World Economic Forum, industri musik global memiliki dua jalur keuntungan utama. Pertama, melalui pertunjukan langsung atau offline yang menghasilkan 50% dari total keuntungan dan penjualan tiket.

Kemudian, berasal dari rekaman, termasuk pendapatan dari streaming, unduhan digital, dan penjualan album fisik. Selain itu, dari lisensi musik untuk gim, televisi, dan iklan.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait