Kebanjiran Pengguna dan Mitra Baru, Transaksi Fintech DANA Naik 100%

Fahmi Ahmad Burhan
9 Februari 2021, 16:13
Kebanjiran Pengguna dan Mitra Baru, Transaksi Fintech DANA Naik 100%
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi DANA di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9/2019).

Startup teknologi finansial (fintech) pembayaran DANA mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat atau 100% pada tahun lalu. Jumlah pengguna dan mitra (merchant) pun melonjak imbas pandemi corona.

CEO DANA Vincent Iswara mengatakan, transaksi meningkat karena masyarakat mengandalkan metode pembayaran digital untuk mengantisipasi penularan virus corona. "Transaksi naik lebih dari 100%," katanya saat konferensi pers virtual, Selasa (9/2).

DANA juga mencatatkan lonjakan pengguna menjadi 50 juta tahun lalu. Jumlahnya bertambah sekitar 20 juta dalam 14 bulan.

Perusahaan mencatat, ada empat layanan yang paling banyak digunakan selama tahun lalu. "Untuk kirim uang, pembayaran tagihan, beli pulsa listrik, dan belanja online," kata Vincent.

Selain itu, DANA mencatatkan ada 150 ribu mitra baru tahun lalu. Namun, Vincent tidak memerinci jumlah merchant terkini.

Peningkatan jumlah pengguna dan transaksi itu sejalan dengan bertambahnya konsumen digital di Indonesia. Riset Facebook dan Bain and Company memperkirakan, konsumen digital di Nusantara mencapai 137 tahun lalu.

Jumlahnya meningkat dari 119 juta pada 2019. Persentasenya juga melonjak dari 58% menjadi 68% terhadap total populasi.

Sedangkan jumlah konsumen digital di Asia Tenggara tertera pada Databoks di bawah ini:

Vincent optimistis, transaksi terus meningkat pada tahun ini. “Itu karena semakin banyak orang yang bertransformasi ke digital," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...