Bungkus BTS Meal Dijual di Shopee dan Tokopedia hingga Rp 100 Juta

McDonald’s merilis menu spesial BTS Meal di Indonesia mulai hari ini (9/6). Hingga sore ini, produk dan bahkan bungkusnya ramai dijual di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.
Desy Setyowati
9 Juni 2021, 16:18
Bungkus BTS Meal Dijual di Shopee – Tokopedia hingga Rp 100 Juta
Instagram/mcdonaldsid
McDonald's merilis menu spesial BTS Meal di Indonesia mulai hari ini (9/6/2021).

Perusahaan makanan cepat saji McDonald’s merilis menu spesial BTS Meal di Indonesia mulai hari ini (9/6). Hingga sore ini, bungkus dan produk spesial itu ramai dijual di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

BTS Meal dibanderol Rp 51.000, dengan isi terdiri dari sembilan Chicken McNuggets, Medium Fries, Medium Coca-Cola, Saus Sweet Chilli, dan Saus Cajun.

Menu spesial itu hanya dapat dipesan melalui Drive Thru, McDelivery, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. “Bisa dipesan mulai Pukul 11.00,” kata McDonald’s melalui akun Instagram @mcdonaldsid, Rabu (9/6).

BTS merupakan boyband asal Korea Selatan yang terdiri dari tujuh anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook. Boyband ini di bawah naungan Big Hit Entertainment.

Advertisement

Merchandise BTS x McD juga dijual di Weverseshop.id. Merchandise ini berupa pakaian, pouch hingga gantungan kunci.

Meski baru dibuka Pukul 11.00, BTS Meal sudah dijual di e-commerce. Ada juga yang hanya menjual bungkus (package).

Bungkus BTS Meal dijual mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta di Shopee. Sedangkan di Tokopedia dibanderol mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 100 juta per Pukul Rp 16.00 WIB.

BTS Meal dijual di Shopee dan Tokopedia
BTS Meal dijual di Shopee dan Tokopedia (Platform Shopee dan Tokopedia)

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, perusahaan mempermudah para penjual di Indonesia menciptakan peluang lewat platform digital. “Marketplace kami bersifat user generated content (UGC). Setiap pihak dapat mengunggah produk di Tokopedia secara mandiri,” katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (9/6).

Namun perusahaan berupaya menjaga aktivitas jual beli di dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika ada penjual yang terbukti melanggar syarat, ketentuan platform maupun hukum berlaku, maka Tokopedia berhak menindak tegas.

Tindakan yang dimaksud dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur.

“Tokopedia memiliki kebijakan produk apa saja yang bisa diperjualbelikan di aturan penggunaan platform Tokopedia bagian K,” katanya. “Kami juga memiliki fitur Pelaporan Penyalahgunaan.”

Sedangkan Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menyampaikan, paper bag BTS Meal yang dijual di platform terindikasi kemasan bekas makanan dan tidak terjamin kebersihannya. "Maka, sudah kami turunkan," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (10/6).

Ia mengatakan, Shopee mewajibkan para penjual untuk menaati ketentuan dan peraturan yang berlaku. "Kami selalu menindak produk yang melanggar," ujar dia.

(REVISI: Ada tanggapan dari Shopee pada paragraf 12-13 Pukul 10.57 WIB, 10 Juni)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait