Beralih ke Dunia Virtual Metaverse, Facebook Malah Ditinggal Para Ahli

Facebook menargetkan bisa beralih ke dunia virtual metaverse dalam lima tahun. Namun raksasa teknologi ini malah ditinggal para petinggi yang ahli kripto hingga software.
Desy Setyowati
24 Desember 2021, 12:46
facebook, metaverse, dunia virtual, kripto
Anton/pexels.com
Tampilan Facebook di Smartphone

Facebook beralih ke bisnis dunia virtual metaverse dan mengubah namanya menjadi Meta pada Oktober. Namun raksasa teknologi ini malah ditinggal para petinggi yang ahli di sejumlah bidang.

“Banyak eksekutif senior pergi tahun ini atau mengumumkan rencana untuk pergi dalam beberapa bulan mendatang,” demikian dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (24/12). Eksodus terjadi mulai dari divisi kripto (cryptocurrency) Novi hingga unit perangkat lunak (software) bisnis Workplace Facebook.

Deborah Liu meninggalkan posisi kepala facebook marketplace pada Februari. Ia kini menjadi CEO Ancestry.com.

Pada Maret, induk Instagram itu ditinggal oleh Chief Revenue Officer (CRO) David Fischer. Selain itu, salah satu pendiri divisi kripto Novi Facebook Kevin Weil pergi.

Advertisement

Kemudian, mantan Kepala Divisi Iklan Carolyn Everson menyusul pada Juni. Ia bergabung ke aplikasi pengiriman bahan makanan Instacart sebagai presiden.

Lalu Fidji Simo mengundurkan diri dari posisi kepala aplikasi Facebook pada Juli. Ia kini menjabat CEO Instacart. Mark D'Arcy mengundurkan diri dari perannya sebagai chief creative officer pada Agustus.

Pada bulan berikutnya, kepala teknologi Facebook Mike Schroepfer mengatakan akan meninggalkan perusahaan.

Pada November, kepala kripto Facebook David Marcus menyatakan akan meninggalkan perusahaan akhir tahun ini. Bulan ini, Kepala Divisi Messenger Stan Chudnovsky mengumumkan akan meninggalkan perusahaan tahun depan.

“Marcus dan Chudnovsky sangat dekat,” kata mantan eksekutif Facebook lainnya dikutip dari New York Post, tiga pekan lalu (7/12). Keduanya juga sempat bekerja di PayPal.

Akhir November, kepala komunikasi terkait perangkat keras (hardware) Workplace Facebook Julien Codorniou mengumumkan bakal meninggalkan perusahaan. Dia akan bekerja di modal ventura.

Mereka meninggalkan Facebook ketika perusahaan beralih ke bisnis dunia virtual metaverse. “Metaverse adalah perbatasan berikutnya,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg saat presentasi di konferensi Connect Facebook yang diadakan secara virtual, dikutip dari Bloomberg, pada Oktober (29/10).

Zuckerberg menargetkan Facebook berubah menjadi perusahaan metaverse dalam lima tahun. "Kami pada dasarnya bergerak dari Facebook sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan 'metaverse' pertama.”

Meta menggambarkan ‘metaverse’ sebagai teknologi yang memungkinkan orang-orang berkumpul dan berkomunikasi dengan memasuki dunia virtual.

Meski begitu, nama baru tidak akan memengaruhi cara Facebook menggunakan atau membagikan data. Struktur perusahaan juga tak berubah. Aplikasi termasuk Instagram, Messenger, dan WhatsApp juga akan mempertahankan nama mereka.

Zuckerberg juga berjanji bahwa metaverse akan memiliki standar privasi, kontrol orang tua, dan transparansi penggunaan data.

“Setiap orang yang membangun metaverse harus berfokus membangun secara bertanggung jawab sejak awal,” kata Zuckerberg. “Ini adalah salah satu pelajaran yang saya pelajari selama lima tahun terakhir.”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait