Alibaba Buat Influencer Virtual Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Alibaba meluncurkan influencer virtual bernama Dong Dong untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Ini dilakukan di tengah tren metaverse.
Desy Setyowati
11 Februari 2022, 06:30
Dong Dong, influencer virtual, Alibaba, olimpiade cina, olimpiade beijing
Alibaba
Dong Dong, influencer virtual buatan Alibaba

Alibaba Group meluncurkan influencer virtual bernama Dong Dong untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Ini dilakukan di tengah tren metaverse.

Raksasa teknologi itu merupakan mitra untuk Komite Olimpiade Internasional (IOC). Alibaba mengandalkan teknologi komputasi awan (cloud) untuk menciptakan Dong Dong.

“Kami berambisi menggunakan teknologi cloud yang mampu memberikan peningkatan digital pada Olimpiade Musim Dingin,” kata Leader of Alibaba Virtual Human & Intelligent Customer Service Xiaolong Li dalam keterangan pers, Kamis (10/2).

Dong Dong adalah persona digital yang dapat berinteraksi dengan para penggemar. Ia menyerupai perempuan berumur 22 tahun yang menyukai olahraga.

Advertisement

Influencer virtual itu dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global Alibaba Group. Dong Dong memiliki fitur yang mirip manusia, sehingga mempunyai kepribadian dan keahlian untuk berinteraksi dengan penonton.

Dong Dong akan mempromosikan merchandise Olimpiade yang dapat dibeli di toko resmi di Cina di platform Tmall selama acara live streaming. Selain itu, menjawab pertanyaan penggunaan menggunakan suara manusia.

Ia juga bisa menunjukkan emosi dan gestur tubuh, mulai dari mengacungkan jempol hingga memeragakan gerakan tangan berbentuk hati.

Dong Dong juga akan menampilkan acara bincang-bincang langsung untuk memperkenalkan fakta selama Olimpiade kepada penonton. Dia bertugas pula memamerkan gerakan tarian.

“Kami berharap, influencer virtual berbasis cloud ini dapat menciptakan interaksi yang lebih baik dengan generasi muda, melalui persona berbasis digital yang menarik dan alami,” ujar Li.

Untuk mewujudkan kepribadian Dong Dong yang dinamis, glamor, dan bersuara alami seperti layaknya manusia, Alibaba membuat model kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) khusus berbasis cloud.

Perusahaan menggunakan Text to Speech untuk mensintesis suara manusia. Lalu, memanfaatkan teknologi berbasis 3D untuk menciptakan berbagai ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang alami.

Didukung oleh komputasi awan dan teknologi AI, Dong Dong dapat terlihat, berbicara, dan bertindak seperti seorang perempuan muda dengan kepribadian ceria.

Kemudian, Dong Dong menggunakan algoritme multimodal Alibaba berbasis Natural Language Processing (NLP), Emotional Speech Synthesis, dan visi komputer di cloud.

“Kedepan, kami akan mendorong batasan-batasan teknologi lebih jauh lagi untuk menciptakan campuran realitas yang memikat. Persona digital atau influencer virtual akan menemukan cara baru untuk terlibat dengan audiens melalui pengalaman mendalam atau pengaturan gaya metaverse,” ujarnya.

Selain Dong Dong, Alibaba mendukung Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 lewat Beijing 2022 Cloud Showcasing atau pameran virtual. Selain itu, ada Cloud Showcasing alias pameran 3D virtual.

Platform e-commerce Alibaba Tmall juga menampilkan merchandise Beijing 2022 melalui teknologi cloud-shelf  di lebih dari 7.000 toko di Cina. “Kami ingin memberikan pengalaman unik kepada penggemar olahraga, seinteraktif, semenarik, dan sepersonal mungkin,” kata Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait