Tips Aman Bekerja Jarak Jauh Bagi Pekerja Digital

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Agustus 2021, 12:06
Tips Aman Bekerja Jarak Jauh Bagi Pekerja Digital
Katadata

Pandemi Covid-19 memaksa banyak bisnis untuk menerapkan model kerja hibrida, yaitu skema kerja campuran di mana sejumlah karyawan bekerja dari kantor sedangkan sebagian besar bekerja dari jarak jauh.

Di Indonesia, pemerintah mewajibkan setidaknya 75 persen karyawan yang bekerja di sektor non-esensial dan tidak berada di zona merah diwajibkan untuk bekerja dari rumah (WFH) atau jarak jauh (teleworker), guna mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Survei Work Trend Index 2021 mengungkapkan bahwa 83 persen pekerja di Indonesia menginginkan adanya opsi kerja jarak jauh seperti WFH.

Perubahan Jaringan Berdampak pada Keamanan Kerja Jarak Jauh

Risiko keamanan dari transisi drastis dalam waktu yang singkat cukup tinggi. Dalam keadaan normalpun, memindahkan seluruh tenaga kerja dari lingkungan TI yang aman ke jaringan rumah dengan keamanan siber yang tidak memadai membutuhkan perencanaan dan persiapan jangka panjang.

Namun, situasi awal pandemi di 2020 memaksa perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat. 32 persen dari responden Survei Kerja Jarak Jauh Fortinet 2020 menunjukkan bahwa persiapan dan pengelolaan konektivitas menjadi aspek terpenting bekerja jarak jauh.

Salah satu tantangannya adalah perangkat yang dimiliki perusahaan tidak dirancang untuk mengelola volume koneksi VPN yang diperlukan ketika bekerja dari jarak jauh.

Akibatnya, banyak koneksi yang tidak aman. Bahkan jika koneksi tersebut dienkripsi, sistem keamanan firewall tidak bisa memeriksa tunnel VPN untuk memastikan jaringan tidak digunakan untuk mengirimkan malware. Kalaupun bisa mendeteksi malware, hal ini akan memperlambat kecepatan koneksi.

Kemudian tantangan lainnya adalah sebagian besar jaringan rumah tidak dipersiapkan untuk mendukung kebutuhan bandwidth dari VPN, apalagi aplikasi bisnis yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti video conference. Selain itu, perangkat end-user dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan rumah, karena banyak pekerja menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja, sering kali tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Tantangan-tantangan ini membuat jaringan rumah menjadi target ideal bagi penjahat siber.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...