Tren Baru E-Commerce: Restoran Jual Online Kopi Literan & Makanan Beku

Cindy Mutia Annur
16 April 2020, 11:41
Tren Baru E-Commerce: Restoran Jual Online Kopi Literan & Makanan Beku
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Pandemi corona mengubah gaya hidup masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Restoran mulai berjualan di e-commerce seperti TokopediaBukalapak, dan Shopee menawarkan kopi literan hingga makanan beku.

Sejumlah penjual kopi, seperti Tuku, Maxx Coffee, Roempi Coffee, Kopitagram, dan lainnya menjual kopi dengan satuan liter di e-commerce. Beberapa restoran juga mulai menjual makanan beku, yang bisa dimasak sendiri oleh konsumen di rumah.

Advertisement

Perubahan gaya hidup akibat mewabahnya virus corona rupanya berdampak positif terhadap e-commerce. Tokopedia misalnya, mencatat ada tiga kategori yang transaksinya naik signifikan yaitu produk kesehatan, keperluan rumah tangga, serta makanan dan minuman.

"Berkaitan dengan kategori makanan dan minuman, selain daging sapi, jahe dan kurma, produk kopi kekinian—yang banyak dijadikan teman work form home—juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak kepada Katadata.co.id, kemarin (15/4). 

(Baca: Tokopedia Ungkap Tiga Produk Paling Dicari selama Pandemi Corona)

Ia mengakui, penjual kopi ramai membuat akun di platform-nya. “Para pelaku industri kopi mulai menambah varian produk satu liter agar lebih mudah dinikmati konsumen selama work form home," ujar dia.

Di Bukalapak, penjualan produk kesehatan, makanan, serta hobi dan koleksi meningkat drastis selama Covid-19 mewabah di Tanah Air. Pencarian produk-produk ini naik lebih dari 10%.

"Kami pun melihat bahwa tren penjual kopi literan di platform ini sebagai sesuatu yang positif, karena menjadi salah satu strategi pelaku industri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di rumah," ujar Intan.

(Baca: Bukalapak Laporkan Pelapak yang Timbun Produk Kesehatan ke Polisi)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement