Beda Cara Gojek dan Grab Tekan Dampak Pandemi Corona Terhadap Mitra

Fahmi Ahmad Burhan
1 April 2020, 09:55
Beda Cara Gojek dan Grab Tekan Dampak Pandemi Corona Terhadap Mitra pengemudi
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Gojek dan Grab menerapkan beberapa langkah untuk meminimalkan dampak pandemi corona terhadap pendapatan mitra pengemudi taksi dan ojek online, juga penjual (merchant). Kedua decacorn ini menyetop pembayaran cicilan hingga bermitra dengan pemerintah dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, perusahaan meluncurkan sejumlah inisiatif untuk menahan dampak negatif dari penyebaran virus corona terhadap mitra. “Meskipun kami butuh waktu untuk memastikan seluruh program dapat terimplementasi secara menyeluruh di tengah keterbatasan persediaan, serta dengan ditetapkannya jaga jarak sosial,” katanya dalam siaran pers, kemarin malam (31/3).

Untuk mendorong pendapatan, Gojek menambah opsi tip bagi mitra hingga Rp 100 ribu. Bagi mitra yang terinfeksi covid-19, perusahaan memberikan bantuan pendapatan.

(Baca: Bantu Mitra Terdampak Corona, Grab Kucurkan Rp 161 M & Gojek Rp 100 M)

Lalu, para petinggi Gojek menyumbangkan 25% dari gaji setahun untuk membantu mitra yang terdampak pandemi. Saat ini, sudah terkumpul Rp 100 miliar. Gojek juga berpartisipasi dalam program BLT dari pemerintah.

Untuk menekan biaya harian, decacorn Tanah Air itu meluncurkan program distribusi paket sembako bagi mitra pengemudi berusia 60 tahun lebih di kota-kota utama. Perusahaan juga berkolaborasi dengan Alfamart, memberikan voucher bagi mitra pengemui dan service provider membeli kebutuhan pokok.

Ada juga voucher sembako dari Yayasan Anak Bangsa Bisa. Lalu, paket makanan hemat dan sehat dari merchant GoFood untuk mitra pengemudi. Program ini sudah dimulai di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

(Baca: Warga Miskin, Pekerja Informal & Ojol Dapat Bantuan Tunai Efek Corona)

Lalu, memberikan bantuan pembayaran pinjaman kendaraan lewat kerja sama dengan pemerintah. Namun, prosedurnya belum ditetapkan.

Sedangkan Grab memberikan pendanaan secara langsung kepada merchant GrabFood terpilih. Decacorn asal Singapura ini juga akan bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran mitra tersebut.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...