Cara 2 UMKM Khas Betawi Dorong Penjualan Lewat E-Commerce saat Corona

Desy Setyowati
22 Juni 2021, 15:36
Cara dua UMKM Khas Betawi Dorong Penjualan Lewat E-Commerce saat Corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah seniman menyelesaikan pembuatan ondel-ondel Betawi raksasa di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021).

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terkena dampak pandemi corona. Namun dua pelaku usaha lokal di bidang kebudayaan betawi masih mencatatkan peningkatan penjualan, karena merambah ekosistem digital seperti Tokopedia.

Pemilik Tioria by Caramia Thekla Odelia Caramia bercerita, omzet anjlok hingga 75% saat awal pandemi corona. Ia pun merambah ekosistem digital untuk mendorong penjualan.

Advertisement

“Di Tokopedia sudah terlihat kenaikan omzet tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu,” kata Caramia dalam virtual media briefing bertajuk ‘Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal’, Selasa (22/6). “Penjualan di Tokopedia mencapai 60% dari total.”

Tioria menawarkan produk tekstil bernuansa betawi, seperti tas, masker, batik, cap water hingga syal.

Selain bergabung ke e-commerce, Caramia berinovasi dari sisi produk. “Kami coba cari solusi supaya penjualan naik terus,” kata dia.

Pemilik CariSouvenir Ukrumah Suda juga mencatatkan penurunan omzet 30% saat awal pandemi Covid-19. Ini karena permintaan suvenir berkurang, seiring pembatasan acara dan kerumunan.

Ia pun bergabung dengan Tokopedia dan cakupan pembeli menjadi lebih luas, seperti Surabaya dan Medan. Transaksi pun mulai meningkat. “Sekitar 40% penjualan dari Tokopedia,” ujar Ukrumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement