Riset: Transaksi Shopee Hampir 11 Kali Lipat TikTok Shop
Nilai transaksi bruto atau GMV Shopee US$ 47,9 miliar atau sekitar Rp 718 triliun tahun lalu. Angka ini hampir 11 kali lebih besar dibandingkan TikTok Shop US$ 4,4 miliar atau sekira Rp 66 triliun.
Momentum Works dalam laporan bertajuk ‘E-commerce Southeast Asia 2023, nilai transaksi bruto sembilan e-commerce, termasuk Shopee, Lazada, dan Tokopedia tahun lalu US$ 99,5 miliar.
Nilai GMV tersebut melonjak dibandingkan 2021 US$ 87,1 miliar dan 2020 US$ 54,8 miliar. “Nilai transaksi 2022 meningkat 1,8 kali lipat dibandingkan 2020,” demikian dikutip dari laporan, Senin (19/6).
Nilai transaksi bruto per e-commerce di Asia Tenggara selama tahun lalu, sebagai berikut:
- Shopee US$ 47,9 miliar atau sekitar Rp 718 triliun
- Lazada US$ 20,1 miliar atau sekitar Rp 301 triliun
- Tokopedia US$ 18,4 miliar atau sekitar Rp 275,9 triliun
- Bukalapak US$ 5,3 miliar atau sekitar Rp 79,49 triliun
- TikTok Shop US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp 66 triliun
- Blibli US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 32,9 triliun
Itu artinya, GMV Shopee hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop. Namun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, nilai transaksi bruto TikTok Shop US$ 4,4 miliar berdasarkan sumber The Information.