Riset: Transaksi Shopee Hampir 11 Kali Lipat TikTok Shop

Lenny Septiani
19 Juni 2023, 14:46
Aplikasi TikTok , Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee

Nilai transaksi bruto atau GMV Shopee US$ 47,9 miliar atau sekitar Rp 718 triliun tahun lalu. Angka ini hampir 11 kali lebih besar dibandingkan TikTok Shop US$ 4,4 miliar atau sekira Rp 66 triliun.

Momentum Works dalam laporan bertajuk ‘E-commerce Southeast Asia 2023, nilai transaksi bruto sembilan e-commerce, termasuk Shopee, Lazada, dan Tokopedia tahun lalu US$ 99,5 miliar.

Nilai GMV tersebut melonjak dibandingkan 2021 US$ 87,1 miliar dan 2020 US$ 54,8 miliar. “Nilai transaksi 2022 meningkat 1,8 kali lipat dibandingkan 2020,” demikian dikutip dari laporan, Senin (19/6).

Nilai transaksi bruto per e-commerce di Asia Tenggara selama tahun lalu, sebagai berikut:

  1. Shopee US$ 47,9 miliar atau sekitar Rp 718 triliun
  2. Lazada US$ 20,1 miliar atau sekitar Rp 301 triliun
  3. Tokopedia US$ 18,4 miliar atau sekitar Rp 275,9 triliun
  4. Bukalapak US$ 5,3 miliar atau sekitar Rp 79,49 triliun
  5. TikTok Shop US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp 66 triliun
  6. Blibli US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 32,9 triliun

Itu artinya, GMV Shopee hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop. Namun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, nilai transaksi bruto TikTok Shop US$ 4,4 miliar berdasarkan sumber The Information.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...