TikTok Gaet Tokopedia, E-Commerce Asing Kuasai 86% Pasar di Indonesia

Desy Setyowati
21 Desember 2023, 07:28
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, e-commerce asing,
Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok resmi menjadi pengendali operasional Tokopedia pada pekan lalu (11/12). Jika merujuk pada data Momentum Works, maka e-commerce asing menguasai sekitar 86% pasar di Indonesia.

TikTok yang menjadi pengendali operasional Tokopedia berasal dari Cina. Sementara itu, Shopee dan Lazada berbasis di Singapura. Investor Lazada yakni Alibaba juga berpusat di Cina.

Berdasarkan laporan pada Juni 2023, Momentum Works memperkirakan transaksi bruto atau GMV e-commerce di Indonesia tahun lalu US$ 51,9 miliar. Jika dirinci per platform sebagai berikut:

  • Shopee 36% atau sekitar US$ 18,7 miliar (Rp 292 triliun)
  • Tokopedia 35% atau setara US$ 18,1 miliar (Rp 282,4 triliun)
  • Lazada 10% atau sekitar US$ 5,19 miliar (Rp 80,5 triliun)
  • Bukalapak 10% atau setara US$ 5,19 miliar(Rp 80,5 triliun)
  • TikTok 5% atau sekitar US$ 2,6 miliar (Rp 40,6 triliun)
  • Blibli 4% atau setara US$ 2,1 miliar (Rp 32,6 triliun)

Gabungan GMV TikTok dan Tokopedia, Shopee, serta Lazada 86% atau sekitar US$ 44,9 miliar (Rp 700,7 triliun).

Pada Oktober, Momentum Works kembali menerbitkan laporan terkait proyeksi GMV e-commerce tahun ini. Namun kali ini Asia Tenggara.

Rincian prediksi GMV masing-masing e-commerce di Asia Tenggara tahun ini sebagai berikut:

  • TikTok Shop 13,9%
  • Shopee 45,9%
  • Tokopedia 14,2%
  • Lazada 17,5%
  • Lainnya 8,6%

Sementara itu, laporan Google, Temasek, dan Bain and Company bertajuk ‘e-Conomy SEA 2023’ memprediksi GMV e-commerce Asia Tenggara naik 6% secara tahunan atau year on year (yoy) dari US$ 130 miliar menjadi US$ 139 miliar tahun ini.

Jika merujuk pada data tersebut, maka nilai GMV masing-masing platform e-commerce di Asia Tenggara tahun ini diperkirakan sebagai berikut:

  • TikTok Shop 13,9% atau US$ 19,3 miliar (Rp 302 triliun)
  • Shopee 45,9% atau US$ 63,8 miliar (Rp 999 triliun)
  • Tokopedia 14,2% atau US$ 19,7 miliar (Rp 308 triliun)
  • Lazada 17,5% atau US$ 24,3 miliar (Rp 380 triliun)
  • Lainnya 8,6% atau US$ 11,9 miliar (Rp 184 triliun)

Dengan demikian, transaksi gabungan Tokopedia dan TikTok Shop diperkirakan 28,1% atau sekitar Rp 610 triliun tahun ini. Nilainya masih di bawah Shopee Rp 999 triliun.

E-Commerce Asing Kuasai Pasar Indonesia

Pada September, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut pasar e-commerce Indonesia dikuasai oleh asing jika merujuk data Momentum Works. “Dikuasai asing 56%,” katanya usai konferensi pers AFPI UMKM Digital Summit 2023 di Jakarta, Kamis (14/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...