Perkuat GoFood, Gojek Luncurkan Tiga Layanan Baru

Desy Setyowati
7 November 2019, 16:10
Gojek meluncurkan tiga layanan baru untuk memperkuat GoFood
Gojek
SVP Commercial Expansion Gojek Johan Surani, Head of Marketing CFC Fiska Rieslianti, Co-Founder and COO Fore Coffee Elisa Suteja, Co-Owner Mangkok Ku Randy Julius, dan Senior Marketing Manager GoFood Marsela Renata saat meluncurkan GoFood Exclusive.

Decacorn Tanah Air, Gojek meluncurkan tiga layanan baru terkait pesan-antar makanan atau GoFood. Ketiganya adalah GoFood Exclusive, Cloud Kitchen, dan Turbo.

Perusahaan penyedia layanan on-demand ini menghadirkan 300 hidangan eksklusif dari 200 pemegang merek (brand) kuliner. Makanan dan minuman itu bisa dipesan melalui GoFood Exclusive di 1.000 outlet.

Eksklusif yang dimaksud bukan hanya dari sisi menu, tetapi juga harga. Senior Marketing Manager GoFood Marsela Renata mengatakan, ada sekitar tujuh juta pengguna yang masuk ke platform GoFood setia harinya. "Pasti ada kenaikan dengan adanya ini," kata dia di Jakarta, Kamis (7/11).

Mitra GoFood yang turut berpartisipasi dalam program ini adalah Fore, CFC, Burger King, Yoshinoya, Domino's Pizza, Excelso dan lainnya. Startup kuliner milik Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, Mangkok Ku.

(Baca: Bersaing Ketat, Grab dan Gojek Rilis Menu Eksklusif dan Cloud Kitchen)

Selain itu, Gojek merilis layanan restoran berbasis komputasi awan (cloud kitchen) dan GoFood Turbo. Startup bervaluasi lebih dari US$ 10 miliar ini pun telah memiliki 10 cloud kitchen.

Hanya, Marsela enggan berkomentar perihal lokasi cloud kitchen itu. "Tapi salah satunya di Blok M," kata dia. Saat ini, Gojek juga memiliki GoFood Festival.

Cloud kitchen merupakan layanan restoran berbasis online yang memungkinkan mitra GoFood hadir di lokasi yang lebih dekat dengan konsumen. Bedanya dengan GoFood Festival, pengguna tidak bisa makan di tempat. Konsumen hanya bisa memesan lewat aplikasi Gojek.

Marsela menjelaskan, perusahaannya mengacu pada data-data yang diperoleh dalam menentukan lokasi cloud kitchen. Sedangkan mitranya dipilih berdasarkan supply dan demand di kawasan tersebut. Ia mencontohkan, jika permintaan kopi tinggi tetapi penjualnya sedikit, maka mitra yang dipilih merupakan merchant kopi.

Kemudian, Gojek meluncurkan GoFood Turbo. Perusahaan menjanjikan makanan sampai dalam 30 menit. Jika lebih dari itu, konsumen bisa memeroleh voucher GoFood. Namun, layanan ini terbatas di beberapa tempat saja.

(Baca: Bos Gojek Bocorkan Cara Kerja Teknologinya kepada 25 Startup)

Secara keseluruhan, Gojek telah menggaet sekitar 500 ribu mitra penjual di Asia Tenggara. Dengan jumlah menu yang tersedia mencapai 12 juta. Gojek pun mencatat, setidaknya ada lebih dari 50 juta transaksi GoFood setiap bulannya.

Head of Marketing CFC Fiska Rieslianti mengatakan, menu eksklusif memang menurunkan margin lantaran harganya lebih murah. Tetapi, program GoFood Exclusive ini membuat penjualan meningkat. "Tumbuh 150% secara tahunan per Oktober 2019," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Co-Owner Mangkok Ku Randy Julius. Ia mengatakan, perusahaannya baru didirikan sekitar lima bulan lalu, dan baru bergabung dengan Gojek selama tiga bulan. "Sekitar 50% dari keseluruhan transaksi dari layanan ojek online," katanya.

Co-Founder and COO Fore Coffee Elisa Suteja menambahkan, layanan pesan-antar makanan membantu perusahaan memperluas pasar. "Jadi harapan kami, terus menjaga relasi dan membuat menu-menu eksklusif," katanya. 

Reporter: Desy Setyowati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...