Gandeng Bhinneka.com, Anak Usaha Go-Jek Incar Pasar Korporasi

Desy Setyowati
15 November 2018, 14:14
Gojek
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Pengemudi ojek Go-Jek mengantarkan paket ke salah satu kawasan perkantoran di Jakarta, Jumat (26/06/2015).

Anak usaha Go-Jek, Loket, menggandeng e-commerce Bhinneka.com untuk menyasar pasar korporasi. Selama ini, perusahaan manajemen tiket Loket fokus menggarap pasar konsumen umum.

Vice President Consumer Solutions Loket Ram Adrian mengatakan, Bhinneka.com sudah 25 tahun beroperasi dengan model Business to Business (B2B). "Kerja sama ini menjadi segmen pasar baru yaitu korporasi, yang selama ini butuh akses ke industri hiburan secara profesional," kata Ram di kantor Go-Jek, Jakarta, Kamis (15/11).

(Baca juga: Penetrasi Baru Go-Jek ke Pasar Mobile Marketplace Melalui Go-Deals)

Apalagi, laporan konsultan global PwC memperkirakan, rerata pertumbuhan tahunan (compound annual growth rate/CAGR) industri hiburan 7,2% per tahun di Asia Tenggara. Maka, potensinya pasar diperkirakan naik dari US$ 45,6 miliar di 2017 menjadi US$ 64,5 miliar pada 2021. Menurut Ram, bisnis tersebut sangat potensial sehingga Loket ingin memperluas pasar lewat korporasi.

Ram mencatat terdapat beberapa permintaan tiket dalam jumlah besar (bulk purchase) dari perusahaan baik untuk karyawan maupun konsumennya. "Biasanya tiket acara atau olahraga. Sifatnya complimentary," kata dia. Untuk itu, Bhinneka.com menjadi afiliasi Loket Distribution Program (LDP) pertama berbentuk B2B.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...