Unicorn dan Perusahaan Digital Berlomba Bantu Kebutuhan Oksigen di RI

Desy Setyowati
19 Juli 2021, 12:00
goto, shopee, east ventures, oksigen, unicorn, decacorn
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.
Petugas medis melakukan perawatan pasien di tenda barak yang dijadikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (4/7/2021).

GoTo, Shopee, dan beberapa startup yang didukung oleh East Ventures menggalang dana hingga membuat fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Indonesia. Ini dilakukan di tengah meningkatnya kasus positif virus corona.

East Ventures melalui gerakan Indonesia PASTI BISA (IDPB) menggalang dana US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,5 miliar untuk mendonasikan minimal 1.000 konsentrator oksigen ke rumah sakit di Indonesia. Konstentrator oksigen adalah mesin pemroses udara menjadi oksigen murni dan memiliki kemampuan mengalirkan lebih dari 90% oksigen murni 10 liter per menit.

Advertisement

Penggalangan dana dilakukan sejak minggu lalu (12/7). Per Pukul 09.30 WIB hari ini, sudah terkumpul US$ 446.164 dari 539 donatur atau sekitar 44,6% dari target.

IDPB pun memulai pengiriman 200 konsentrator ke 33 rumah sakit di 10 provinsi sejak akhir pekan lalu (17/7). Provinsi yang dimaksud yakni Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Papua, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pengiriman ke rumah sakit prioritas itu telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” demikian dikutip dari siaran pers East Ventures, Senin (19/7).

Startup logistik Waresix terlibat dalam penyimpanan dan pengiriman konsentrator oksigen ke rumah sakit. Sedangkan perusahaan rintisan penyedia perangkat lunak (Software as a Services/SaaS) manajamen rantai pasok, Advotics membantu dari sisi sistem pelacakan.

Advotics menerapkan sistem kode Quick Response (QR Code). Setiap konsentrator oksigen memiliki label dengan kode QR untuk memudahkan pelacakan pengiriman dari gudang Waresix ke rumah sakit tujuan. Publik juga bisa memantau.

Selain East Ventures, perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia yakni GoTo turut mengatasi persoalan kebutuhan oksigen di dalam negeri. GoTo, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, serta Aneka Gas Industri (Samator Group) menginisiasi fasilitas bernama Rumah Oksigen Gotong Royong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement