Faktor Berpengaruh ke Order Ojol Gojek, Grab, Maxim, inDrive

Lenny Septiani
15 Agustus 2023, 13:17
ojek online, ojol, gojek, grab, maxim, indrive
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di depan Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (5/9/2022).

Beberapa aplikator ojol menerapkan level akun dan berpengaruh terhadap order. Bagaimana skema level akun mitra pengemudi ojek online di Gojek, Grab, Maxim, inDrive serta pengaruhnya?

Gojek

Mitra pengemudi Gojek yang enggan disebutkan namanya, 42 tahun, memerin akun level driver ojol yakni basic, silver, gold, dan platinum. Perbedaan level berpengaruh terhadap jumlah order, rinciannya sebagai berikut:

  1. Basic: Satu kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  2. Silver: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  3. Gold: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  4. Platinum: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum

Namun mitra ojol Gojek tersebut mengatakan, order justru menurun Saat saya dapat level basic justru lebih banyak mendapat order. Bisa sampai 40 perjalanan per hari,” ujar mitra ojol Gojek tersebut kepada Katadata.co.id, Rabu (9/8).

“Sekarang saya sudah akun gold. Berangkat jam enam pagi sampai sekarang jam satu siang, baru dapat 11 order,” dia menambahkan. “Saat level basic, jam segini sudah lebih dari 20 order.”

Namun ia tidak memerinci tahun berapa ia mendapatkan akun basic.

Grab

Mitra pengemudi Grab yang enggan disebutkan namanya, 26 tahun, memerinci level akun yaitu anggota, pejuang, ksatria, dan jawara. Sistem ini berlaku sejak awal 2023.

“Semakin rendah level, makin sulit mendapatkan order,” ujar mitra ojol Grab tersebut kepada katadata.co.id, Selasa (8/8).

Ia bercerita dirinya berada pada level anggota dan mulai bekerja Pukul 06.30 WIB. Namun hingga Pukul 13.30 WIB, baru mendapat lima trip perjalanan.

“Kalau level jawara dan ksatria jam segini sudah bisa santai,” kata dia. “Keluar jam enam atau tujuh, jam 10 sudah bisa dapat tujuh sampai delapan order.”

Menurutnya, sebelum ada sistem level tersebut, pengemudi ojol yang rajin akan banyak mendapat order. Kini, “sudah keluar pagi sampai malam non-stop, tapi order sulit didapat,” katanya.

Untuk dapat naik level, pengemudi harus memenuhi jam online 250 jam dan jumlah tarikan 175 per bulan. “Kalau tidak tercapai, turun level,” tambahnya.

Meski begitu, ia menyatakan sulit untuk dapat naik level karena tidak mendapat banyak order.

Perbedaan kriteria tiap level di Grab yakni:

1. Anggota: untuk seluruh mitra pengemudi aktif

2. Pejuang: 

  • Mencapai 16 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 176 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 80% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 150 orderan dalam satu bulan terakhir

3. Ksatria: 

  • Mencapai 22 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 200 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 85% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 200 orderan dalam satu bulan terakhir

4. Jawara: 

  • Mencapai 24 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 250 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 90% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 250 order dalam satu bulan terakhir

inDrive

Pengemudi ojol inDrive bernama Irwan, 42 tahun, mengatakan bahwa perusahaan tidak menerapkan sistem level seperti Grab dan Gojek. Namun peringkat pengemudi dapat mempengaruhi jumlah order yang diperoleh.

Berdasarkan laman mitra pengemudi inDrive, rincian peringkat mitra pengemudi ojol sebagai berikut:

  • Sangat rendah
  • Rendah
  • Normal
  • Tinggi
  • Sangat tinggi

Ia menjelaskan bahwa inDrive menerapkan sistem lelang. “Semakin bagus rating, akan muncul lebih dulu saat pelanggan melakukan pesanan,” ujar dia. Begitu pun sebaliknya.

Hal-hal yang memengaruhi rating akun pengemudi inDrive yakni nilai tengah dari 300 ulasan terakhir yang diterima dari para penumpang.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Di bawah 4.0 : sangat buruk (otomatis diblokir)
  • 4,0 hingga 4,65 : buruk
  • 4,65 hingga 4,9 : sedang
  • 4,9 hingga 4,95 : bagus
  • 4,95 ke atas : sangat bagus

Selain itu, reputasi, frekuensi, pengalaman operasi pengemudi memengaruhi rating peringkat pengemudi inDrive. 

Maxim

Mitra pengemudi ojol Maxim yang tidak disebutkan namanya, 43 tahun, mengatakan bahwa perusahaan tidak menerapkan sistem level, melainkan peringkat.

“Paling bagus rating 99,” kata dia. Menurutnya, perhitungan rating berasal dari rata-rata penilaian perjalanan per minggu.

Parameter yang memengaruhi peringkat mitra pengemudi ojol atau ojek online Maxim, yakni:

1. Positif

  • Selesai menurut tugas otomatis
  • Selesai tanpa komunikasi dengan operator
  • Diselesaikan pada jam sibuk
  • Order terselesaikan menurut waktu
  • Jumlah rata-rata order terselesaikan selama sehari
  • Order prioritas yang diselesaikan
  • Komentar positif

2. Negatif

  • Penolakan tugas otomatis
  • Pembatalan atas inisiatif pengemudi
  • Penolakan terlambat pemesanan sebelumnya
  • Jumlah pesan “panggil saya”
  • Pelanggaran berdasarkan order
  • Ulasan negatif

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...