Faktor Penyebab Ojol Gojek, Grab, Maxim, inDrive Sepi Order

Desy Setyowati
14 September 2023, 12:40
ojek online, ojol, gojek, grab, maxim, indrive
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pengemudi ojek online menunggu orderan di Kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2020).

Ada beberapa hal yang memengaruhi order ojek online atau ojol Gojek, Grab, Maxim, dan inDrive. Faktor yang dimaksud seperti level akun mitra pengemudi dan lokasi.

Gojek menyediakan pelatihan online melalui fitur Tips Pintar yang tersedia di aplikasi khusus mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol. Berdasarkan video di YouTube yang merujuk pada Tips Pintar Gojek menunjukkan, ada beberapa hal yang memengaruhi order, di antaranya:

  • Riwayat kinerja mitra pengemudi ojek online atau ojol misalnya, tingkat penerimaan dan penyelesaian order
  • Jumlah permintaan order dari pelanggan di sekitar mitra pengemudi ojek online atau ojol

Berdasarkan paparan Tips Pintar Gojek di YouTube tersebut, hal-hal yang dapat membuat ojol sepi order di antaranya:

  • Tidak mengaktifkan autobid sehingga berpotensi melewatkan order
  • Paket internet belum aktif dan kualitas sinyal kurang baik
  • Belum memperbaharui aplikasi Mitra Gojek
  • Atur fitur GPS di aplikasi Mitra Gojek tidak dalam akurasi tinggi
  • Tempat dan waktu yang sepi order
  • Memilah order

“Sistem membutuhkan waktu untuk menyesuaikan order,” demikian dikutip dari YouTube tentang Tips Pintar Gojek. “Misalnya, sudah menunggu 30 menit di tempat yang ramai, namun tak kunjung mendapatkan order. Maka bisa berpindah ke tempat ramai yang lain.”

“Jangan mengetes aplikasi, lalu ketika ada order masuk tidak diambil,” demikian dikutip.

Namun Gojek mengingatkan bahwa tips akun ojol gacor tersebut hanya untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan order, bukan menjamin pesanan meningkat. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah order.

Gojek pun membagikan tips lokasi dan waktu yang berpotensi ada peningkatan order, di antaranya:

  1. Pagi Pukul 06.00 – 09.00 di perumahan
  2. Siang Pukul 10.00 – 13.00 di mal, sekolah, rumah makan
  3. Sore Pukul 16.00 – 19.00 di perkantoran
  4. Malam Pukul 19.00 – 21.00 di stasiun, terminal, halte bus, mal

Grab juga mengimbau mitra pengemudi taksi dan ojek online atau ojol merapat di lokasi yang ramai order dan pada jam sibuk. Selain itu, mengaktifkan fitur orderan turbo dan tidak membatalkan order secara berlebihan.

Sementara mitra pengemudi ojek online atau ojol Gojek, Grab, Maxim, dan inDrive mengatakan, level akun juga memengaruhi order. “Semakin rendah level, makin sulit mendapatkan order,” ujar mitra pengemudi Grab yang enggan disebutkan namanya, 26 tahun, kepada katadata.co.id, pada Agustus (8/8).

Rincian level di Gojek, Grab, Maxim, dan inDrive sebagai berikut:

Gojek

  1. Basic: Satu kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  2. Silver: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  3. Gold: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum
  4. Platinum: Dua kuota harian fitur order searah dan program pendapatan minimum

Grab

  1. Anggota: untuk seluruh mitra pengemudi aktif
  2. Pejuang: 
  • Mencapai 16 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 176 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 80% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 150 orderan dalam satu bulan terakhir

3. Ksatria: 

  • Mencapai 22 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 200 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 85% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 200 orderan dalam satu bulan terakhir

4. Jawara: 

  • Mencapai 24 hari online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 250 jam online selama satu bulan terakhir
  • Mencapai 90% tingkat penyelesaian selama satu bulan terakhir
  • Mendapatkan rata-rata 4,9 untuk seluruh rating dalam satu bulan terakhir
  • Menyelesaikan minimal 250 order dalam satu bulan terakhir

inDrive

Tidak ada sistem level seperti Grab dan Gojek. Namun peringkat pengemudi dapat memengaruhi jumlah order yang diperoleh.

Berdasarkan laman mitra pengemudi inDrive, rincian peringkat mitra pengemudi ojol sebagai berikut:

  • Sangat rendah
  • Rendah
  • Normal
  • Tinggi
  • Sangat tinggi

Hal-hal yang memengaruhi rating akun pengemudi inDrive yakni nilai tengah dari 300 ulasan terakhir yang diterima dari para penumpang.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Di bawah 4.0 : sangat buruk (otomatis diblokir)
  • 4,0 hingga 4,65 : buruk
  • 4,65 hingga 4,9 : sedang
  • 4,9 hingga 4,95 : bagus
  • 4,95 ke atas : sangat bagus

Selain itu, reputasi, frekuensi, pengalaman operasi pengemudi memengaruhi rating peringkat pengemudi inDrive. 

Maxim

Maxim juga berbasis rating dengan parameter yang memengaruhi peringkat mitra pengemudi ojol atau ojek online, sebagai berikut:

1. Positif

  • Selesai menurut tugas otomatis
  • Selesai tanpa komunikasi dengan operator
  • Diselesaikan pada jam sibuk
  • Order terselesaikan menurut waktu
  • Jumlah rata-rata order terselesaikan selama sehari
  • Order prioritas yang diselesaikan
  • Komentar positif

2. Negatif

  • Penolakan tugas otomatis
  • Pembatalan atas inisiatif pengemudi
  • Penolakan terlambat pemesanan sebelumnya
  • Jumlah pesan “panggil saya”
  • Pelanggaran berdasarkan order
  • Ulasan negatif

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...