Mengapa Amazon Lihat RI Pasar Potensial untuk Bisnis Data Center?

Fahmi Ahmad Burhan
1 Februari 2021, 16:34
Amazon Ungkap Alasan RI Jadi Pasar Potensial Bagi Bisnis Data Center
instagram/@amazonwebservices
Amazon Web Services Summit pada Mei 2019

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Amazon Web Service (AWS) membangun pusat data (data center) di Jawa Barat, Indonesia, yang ditarget rampung tahun ini. Anak usaha Amazon itu menilai, Nusantara merupakan pasar potensial karena ada banyak startup dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Startup dan UMKM di Indonesia semakin banyak. Ini potensial bagi bisnis komputasi awan (cloud)," kata Head of Solutions Architect, ASEAN AWS Paul Chen dalam AWS Media Briefing ‘Prediksi Cloud dan Inovasi Teknologi Digital 2021’, Senin (1/2).

Advertisement

Ia mengatakan, startup yang terus berinovasi membutuhkan basis data yang besar. Sedangkan laporan The Future of Fintech in Southeast Asia oleh Dealroom, Finch Capital, dan MDI Ventures pada September 2020, Indonesia dan Singapura merupakan dua negara yang mempunyai ekosistem startup teknologi paling bernilai di Asia Tenggara. 

Total valuasi startup teknologi di Singapura US$ 60 miliar, sementara Indonesia US$ 35 miliar. Secara rinci dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

Indonesia juga memiliki empat unicorn dan satu decacorn. Unicorn merupakan sebutan bagi perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar seperti Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO.

Sedangkan decacorn adalah startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar. Indonesia memiliki satu, yakni Gojek.

Selain startup, Amazon memprediksi ada banyak  UMKM yang mengadopsi cloud pada tahun ini. Sebab, pelaku usaha beralih ke digital selama masa pandemi corona.

"Di Indonesia, UMKM menyumbang 99% dari bisnis di beberapa sektor kunci, terutama pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Paul. "Penetrasi online di Indonesia juga
sudah termasuk yang tertinggi di dunia."

Jumlah UMKM di Indonesia dapat dilihat pada Databoks berikut:

Sedangkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia tertera pada Databoks di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement