Alibaba Buat Influencer Virtual Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Desy Setyowati
11 Februari 2022, 06:30
Dong Dong, influencer virtual, Alibaba, olimpiade cina, olimpiade beijing
Alibaba
Dong Dong, influencer virtual buatan Alibaba

Alibaba Group meluncurkan influencer virtual bernama Dong Dong untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Ini dilakukan di tengah tren metaverse.

Raksasa teknologi itu merupakan mitra untuk Komite Olimpiade Internasional (IOC). Alibaba mengandalkan teknologi komputasi awan (cloud) untuk menciptakan Dong Dong.

Advertisement

“Kami berambisi menggunakan teknologi cloud yang mampu memberikan peningkatan digital pada Olimpiade Musim Dingin,” kata Leader of Alibaba Virtual Human & Intelligent Customer Service Xiaolong Li dalam keterangan pers, Kamis (10/2).

Dong Dong adalah persona digital yang dapat berinteraksi dengan para penggemar. Ia menyerupai perempuan berumur 22 tahun yang menyukai olahraga.

Influencer virtual itu dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global Alibaba Group. Dong Dong memiliki fitur yang mirip manusia, sehingga mempunyai kepribadian dan keahlian untuk berinteraksi dengan penonton.

Dong Dong akan mempromosikan merchandise Olimpiade yang dapat dibeli di toko resmi di Cina di platform Tmall selama acara live streaming. Selain itu, menjawab pertanyaan penggunaan menggunakan suara manusia.

Ia juga bisa menunjukkan emosi dan gestur tubuh, mulai dari mengacungkan jempol hingga memeragakan gerakan tangan berbentuk hati.

Dong Dong juga akan menampilkan acara bincang-bincang langsung untuk memperkenalkan fakta selama Olimpiade kepada penonton. Dia bertugas pula memamerkan gerakan tarian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement