JFW 2018, Ajang Desainer Muda Didikan Abineri Ang Pamer Karya

Dini Hariyanti
25 Oktober 2018, 12:38
Jakarta Fashion Week 2018
Dini Hariyanti | KATADATA
Abineri Ang (paling kanan) tampil bersama lima desainer muda didikannya di Jakarta Fashion Week 21 - 26 Oktober 2018.

Pada 2000, Abineri Ang memutuskan untuk mendirikan sekolah mode Abineri Ang et Createur Atelier de Mode. Tujuannya untuk mencetak lebih banyak desainer muda dengan keterampilan khusus dan karakter kuat di segmen fesyen gaun malam dan pengantin.

"Mereka semua (siswa didik) fokus pada gaun pesta dan pengantin, bukan produk fesyen ready to wear. Bikin pakaian sehari-hari itu lelahnya sama seperti gaun tetapi untungnya lebih bagus gaun pengantin, ini prinsip dagang," ucap Abineri menjawab Katadata.co.id di sela Jakarta Fashion Week 2018, Jakarta, Selasa (23/10).

Sekolah mode yang didirikan Abineri terus menjadi tempat pelatihan secara langsung bagi siapapun yang ingin menjadi perancang busana. Sebagai guru, pria yang akrab disapa Abi ini meyakini bahwa semua muridnya spesial karena memiliki keunikan masing-masing.

(Baca juga: Riset Jadi Kekuatan Ikat Indonesia Mendesain Fesyen Mickey Mouse

Pada perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) tahun ini, sekolah Abineri Ang et Createur Atelier de Mode menampilkan karya dari lima desainer mudanya. Mereka adalah Isaura, Yusi Irawati, Yuliana Lim, Mellisa The, dan Daniel Fong.

Masing-masing karya dari desainer muda didikan Abineri tersebut diklaim memiliki ciri khas. Rancangan yang mereka pamerkan dalam Jakarta Fashion Week sejalan dengan tema utama yang diangkat sang guru, yaitu beautiful alias cantik.

Yusi Irawati menerjemahkan tema tersebut ke dalam gaun yang tidak berwarna pastel. Tipikal warna ini bagi sebagian orang memberi kesan lembut. "Saya menggunakan banyak warna hitam. Saya ingin tunjukkan bahwa cantik bukan melulu warna lembut," ujarnya.

Sementara itu, Yuliana Lim menampilkan rancangan gaun elegan berwarna merah menyala. Perempuan yang sebelumnya bekerja di bidang finansial ini merasa prosesnya menjadi desainer merupakan keputusan tepat yang sejalan dengan bakatnya.

"Tema saya di JFW ini berangkat dari saya yang terinspirasi warna merah. Saya suka dengan warna ini. Menjadi desainer seperti ini, saya ingin eksplorasi bakat saja," kata desainer yang mengusung jenama Sora Mirielle itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...