Realisasikan Tujuh Program, Anggaran Kominfo Naik Rp 484 Miliar

Pagu anggaran tahun ini sebesar Rp 5,4 triliun, naik Rp 484 miliar dari penyerapan anggaran tahun lalu senilai Rp 4,9 triliun.
Desy Setyowati
16 Januari 2019, 20:20
Palapa Ring
Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapat pagu anggaran Rp 5,4 triliun pada tahun ini untuk menjalankan tujuh program. Pagu ini naik sekitar Rp 484 miliar dibandingkan dengan realisasi penyerapan anggaran tahun lalu senilai Rp 4,9 triliun.

Program tersebut terdiri dari infrastruktur telekomunikasi; pengembangan ekosistem digital; literasi digital dan media; pengendalian konten; layanan publik; government public relation; serta pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Terkait dengan infrastruktur telekomunikasi ada tiga proyek yang dibangun, yaitu Palapa Ring, last mile dan base transceiver station (BTS), serta akses internet. Pembangunan Palapa Ring Timur kini mencapai 90%.

"Akhir kuartal kedua, Palapa Ring kami harap terhubung. (Ini) jaringan tulang punggung internet," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, di Jakarta, Rabu (16/1).

Advertisement

(Baca juga: Dipercepat, Kominfo Siap Rilis Aturan 5G Tahun Ini

Tahun ini, Kominfo juga menargetkan pembangunan 1.500 BTS serta perluasan akses internet ke seribu lokasi. Prioritas jangkauan internet terutama untuk kebutuhan bidang pendidikan, kesehatan, dan kantor pemerintah desa.

Sementara itu, terkait pengembangan ekosistem digital maka Kominfo melanjutkan program seribu startup; delapan juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM); serta sejuta petani dan nelayan go online. Hal ini turut menindaklanjuti peraturan presiden soal e-commerce.

(Baca juga: Pelaku UMKM Minta Tunda Setahun Aturan Pajak E-Commerce

Secara umum, dari pagu anggaran Rp 5,4 triliun dialokasikan Rp 268 miliar untuk kebutuhan belanja modal. Untuk belanja pegawai dan belanja barang masing-masing Rp 419 miliar dan Rp 4,7 triliun.

Realisasi belanja modal tahun lalu senilai Rp 230 miliar (96,5 persen dari pagu Rp 239 miliar). Anggaran belanja pegawai mencapai Rp 401 miliar (94,6 persen dari pagu Rp 423 miliar). Untuk belanja barang sebesar Rp 4,3 triliun (94,7 persen dari pagu Rp 4,5 triliun).

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait