Young Health Programme Diperpanjang Hingga 5 Tahun ke Depan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
31 Mei 2021, 14:37
Plan Indonesia #4
Katadata

31 May 2021 – Hari ini, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan AstraZeneca dengan bangga mengumumkan perpanjangan dan perluasan kemitraannya dalam Young Health Programme untuk lima tahun kedepan, sebuah inisiatif investasi komunitas global dari AstraZeneca, yang berfokus pada pencegahan penyakit tidak menular (PTM) yang paling umum di kalangan remaja dan anak muda yaitu penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan kronis.

Di Indonesia, jumlah kaum muda yang berusia di antara 10-24 tahun mencapai hingga 25% dari total populasi1, ini merupakan peluang pembangunan sosio-ekonomi yang cukup besar bagi negara. Masa- masa remaja merupakan periode waktu yang paling penting untuk mencegah PTM di masa yang akan datang dan memaksimalkan kualitas hidup yang sehat di setiap tahapan kehidupan.

“Selama tiga tahun terakhir, YHP berhasil membangun kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten dan pemangku kepentingan komunitas, serta mendukung pencegahan PTM di kalangan kaum muda di Jagakarsa, Cibinong, dan Mataram,” ujar Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia. “Kami telah berhasil menjangkau 13.000 ribu anak muda dan

400.000 masyarakat sementara itu hasil evaluasi kami menunjukan adanya hasil yang positif. Misalnya saja, 64% remaja dan anak muda melaporkan bahwa mereka kini memiliki akses ke layanan kesehatan yang ramah remaja dibandingkan dengan 36% data di awal program. Kami sangat bersemangat untuk terus fokus pada upaya pencegahan PTM di kalangan anak muda selama 5 tahun ke depan. Kami ingin memperkuat kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota di Jakarta, dan berbagai organisasi masyarakat sipil. Kami ingin melanjutkan keberhasilan YHP di Indonesia, terutama di 4 kota administrasi di Jakarta, dengan tujuan menciptakan dampak yang lebih besar bagi kesehatan remaja dan anak muda di Indonesia.”

Young Health Programme berupaya untuk mengatasi faktor risiko utama dari penyakit tidak menular, termasuk diantaranya merokok, konsumsi alkohol, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, dan polusi udara. Program ini juga mendorong terciptanya kesehatan fisik dan mental bagi kaum muda.

Menurut World Health Organization Country Profile tahun 2018, PTM di Indonesia diperkirakan menyumbang 73% dari seluruh kematian, dengan penyakit kardiovaskular dan kanker menjadi penyebab utama kematian terkait PTM, masing-masing mencapai 35% dan 12%.

“Dalam rangka merayakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, kampanye bersama ini menandai keberlanjutan upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi kaum muda untuk berhenti merokok melalui kampanye dan advokasi yang dipimpin oleh mereka. Dengan mempromosikan pilihan

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...