Jalani Tes, Jokowi dan Iriana Dinyatakan Negatif Corona

Jokowi mengimbau masyarakat bisa mencegah penyebaran corona dengan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah
Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 17:26
Jalani Tes, Jokowi dan Iriana Dinyatakan Negatif Corona.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka. Keduanya telah menjalani tes kesehatan dan dinyatakan negatif corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta sang istri, Iriana telah menjalani pemeriksaan virus corona. Berdasarkan hasil yang diterima, keduanya dinyatakan negatif terpapar virus yang juga kerap disebut Covid-19.

“Saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi Covid-19 empat hari lalu, dan sudah keluar hasil tesnya. Alhamdulillah dinyatakan negatif,” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (19/3).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tenaga medis yang tengah merawat penderita corona. Pasalnya, mereka merupakan garda terdepan yang berjuang menangani pandemi tersebut.

(Baca: Jokowi Bakal Beri Insentif untuk Tenaga Medis Penanganan Corona)

Lebih lanjut, Jokowi mengimbau masyarakat bisa mencegah penyebaran corona dengan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Dengan demikian, masyarakat tetap sehat tanpa tertular penyakit tersebut. 

“Semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima,” kata dia.

Sebelumnya, pandemi corona telah menjangkit ke lingkup presiden. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan terinfeksi corona, Sabtu (14/3).

Menhub diketahui sempat mengikuti beberapa kali rapat bersama dengan Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju pada beberapa hari sebelumnya.

(Baca: Jokowi Minta Pemeriksaan Corona dengan Rapid Test dan Skala Besar)

Dia terpantau datang ke Istana untuk mengikuti rapat internal pada 3 Maret 2020. Dia juga hadir pada rapat terbatas pada 4 dan 11 Maret 2020. Pada 11 Maret 2020, Budi duduk berdampingan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Sekadar informasi, pemerintah melaporkan jumlah kasus corona di Indonesia pada hari ini telah mencapai sebanyak 309 orang atau bertambah 82 kasus dalam sehari. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 pasien dinyatakan sembuh dari corona.

Sementara, ada 25 pasien meninggal dunia akibat Covid-19. Rata-rata pasien positif corona yang meninggal dunia berada di rentang usia 45 hingga 65 tahun.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait