Genjot Produksi Migas, Petrogas Resmi Kelola Blok Salawati Hingga 2040

Image title
23 April 2020, 11:33
Genjot Produksi Migas, Petrogas Resmi Kelola Blok Salawati Hingga 2040.
Katadata
Ilustrasi blok migas. RH Petrogas Ltd. melalui anak usahanya Petrogas (Island) Ltd. resmi mengelola Wilayah Kerja (WK) Salawati Kepala Burung di Sorong, Papua Barat.

RH Petrogas Ltd. melalui anak usahanya Petrogas (Island) Ltd. resmi mengelola Wilayah Kerja (WK) Salawati Kepala Burung di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Penglelolaan blok Salawati ini diharapkan mampu meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) dalam negeri. 

Presiden Petrogas Companies in Indonesia, Syafri Syafar mengatakan pegalih kelolaan blok ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak Gross Split WK Salawati Kepala Burung antara Pemerintah dengan RH Petrogas Ltd pada 2018.

Sebelumnya, blok tersebut dikelola oleh Joint Operating Body Pertamina-PetroChina Salawati (JOB P-PS). Adapun pengelolaan blok migas oleh Petrogas ini mulai berlaku efektif 23 April 2020 hingga 23 April 2040. 

(Baca: Beberapa Kali Mundur, Empat Kontrak Baru Blok Terminasi Resmi Diteken)

"Ini merupakan satu langkah besar bagi RH Petrogas Ltd. melalui Petrogas (Island) Ltd untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi yang 100% untuk kebutuhan energi dalam negeri, khususnya Papua Barat,” ujar Syafri dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4).

General Manager JOB P-PS Budi Prabowo mengatakan, berakhirnya kontrak bukan semata melaksanakan exit strategy terkait aspek teknis dan non-teknis. Dengan komunikasi yang efektif, transparan dengan pemangku kepentingan, peralihan kontrak kerjasama dapat berjalan dengan baik.

"Atas nama seluruh pekerja JOB P-PS, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah melakukan berbagai usaha dan kerjasama yang baik mendukung operasi WK Salawati,” kata Budi.

Sementara itu, Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengharapkan Petrogas dapat mempercepat kegiatan pengembangan lapangan, sehingga usaha peningkatan produksi dari WK tersebut dapat segera direalisasikan. Karena kegiatan operasinya akan diintegrasikan dengan WK lain yang juga dikelola oleh Petrogas.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...