BPH Migas Ingin Harga BBM Turun Demi Keadilan Sosial

Image title
8 Mei 2020, 13:20
bph migas, bbm, harga minyak
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa di Untan Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (25/10/2019). Fanshurullah berharap Menteri ESDM menurunkan harga BBM karena harga minyak telah turun cukup dalam sejak awal tahun ini.

BPH Migas berharap Menteri ESDM Arifin Tasrin menurunkan harga bahan bakar minyak atau BBM. Sebab, harga minyak dunia telah turun sejak awal tahun.

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa mengatakan Menteri ESDM memiliki kewenangan untuk menetapkan harga BBM. Penetapan harga berdasarkan Mean of Platts Singapore atau MOPS yang berlaku dua bulan sebelum penetapan.

Advertisement

Jika mengacu pada harga minyak, Fanshurullah menyebut, harga BBM seharusnya sudah turun. "Kalau maunya BPH Migas sesuai keadilan sosial, saat harga minyak dunia turun, harga BBM harusnya juga diturunkan," kata Fanshurullah dalam Webinar bertajuk Dampak PSBB Terhadap Sektor BBM, Jumat (8/5).

Namun, menurut dia, pemerintah memiliki berbagai pertimbangan sebelum menentapkan harga BBM. Beberapa di antaranya aspek keekonomian, aspek politik, serta aspek pertahanan dan keamanan.

Selain itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan penurunan konsumsi BBM. Pertamina mencatat penurunan permintaan BBM selama pandemi corona mencapai 50%.

"Dilema Pertamina sebagai badan usaha yang menyalurkan 75% BBM, demand-nya turun 30-50%, turun signifikan," kata dia.

(Baca: Menteri ESDM Sebut Harga BBM Terjangkau, di Malaysia Lebih Murah)

Di sisi lain, Pertamina tidak bisa memanfaatkan momentum penurunan harga minyak. Menurut Fanshurullah, penurunan harga minyak seharusnya menjadi momentum untuk impor minyak. Namun, tangki penyimpanan di dalam negeri telah penuh.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement