Ramai Isu Boikot, Simak Target Harga Saham Terbaru Unilever

Nur Hana Putri Nabila
24 November 2023, 14:39
Ramai Isu Boikot, Simak Target Harga Saham Terbaru Unilever
Unilever Indonesia

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) diproyeksikan akan mengalami dampak positif yang paling minim dari liburan akhir tahun dan belanja jelang Pemilu 2024 mendatang.

Analis Equity Research BRI Danareksa Sekuritas, Natalia Susanto menyebut hal ini disebabkan oleh sinyal dari jalur distribusi yang berpotensi negatif dari kampanye boikot atas produk yang dianggap pro Israel.

Selain itu, Natalia juga menurunkan estimasi laba bersih Unilever pada setahun penuh 2023 sebesar -5,8% atau -6,8%. Selain itu dalam riset yang dikutip Jumat (24/11), BRI Danareksa menurunkan target harga saham menjadi Rp 3.200 per lembar saham dari sebelumnya Rp 4.100 dan mempertahankan peringkat hold.

BRI Danareksa Sekuritas memproyeksikan penjualan UNVR yang rendah pada kuartal keempat tahun 2023 akan menekan laba pada tahun fiskal 2023. Natalia menyebut pemerintah juga berencana mengalokasikan dana bantuan sosial sebesar Rp 7,5 triliun pada akhir tahun ini dengan tambahan distribusi beras senilai Rp 2,7 triliun. 

BRI Danareksa Sekuritas mempertimbangkan secara hati-hati potensi dampak boikot terhadap kinerja UNVR pada kuartal keempat tahun 2023. Evaluasi saluran distribusi perseroan menunjukkan adanya pergeseran konsumen menuju perusahaan-perusahaan FMCG lokal seperti grup Wings, Indofood, dan ABC.

Dengan demikian, penjualan pada kuartal empat 2023 diperkirakan turun 3,2% secara kuartalan dan estimasi pendapatan sebesar -3,6% menjadi Rp 40,4 triliun dan laba bersih diperkirakan turun 5,8% menjadi Rp 5,4 triliun. 

Secara historis, Unilever diuntungkan oleh peningkatan belanja selama masa kampanye Pemilu terutama dari konsumsi di luar rumah termasuk es krim dan teh.

“Kami memperkirakan dampak yang lebih kecil pada tahun 2024 karena kami memperkirakan daya beli daya beli masyarakat yang masih lemah,” kata Natalia. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...