Ada Dua Calon Penyelenggara Bursa Kripto, Siapa Pilihan Bappebti?

Intan Nirmala Sari
18 Juni 2021, 21:02
bursa kripto
Katadata

Research & Development Manager Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI/ICDX) Jericho Biere mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan seluruh persyaratan untuk menjadi penyelenggaran bursa kripto. Begitu juga dengan PT Indonesia Clearing House (ICH) untuk menjadi lembaga kliring aset kripto di Indonesia.

Jericho menyampaikan, peluang perdagangan aset kripto di Indonesia memiliki prospek yang sangat baik. Untuk itu, kebutuhan pengawasan dan keamanan transaksi menjadi signifikan. Adapun terbentuknya bursa kripto dan lembaga kliring  bertujuan untuk menaungi pedagang aset kripto Tanah Air.

Advertisement

“Kami telah menyelesaikan seluruh persyaratan yang harus dipenuhi, dan menunggu keputusan dari regulator,” kata Jericho dalam keterangan resmi kemarin.

Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus masih optimistis bursa pasar fisik kripto Indonesia bisa diliris tahun ini. Saat ini, pihaknya masih menunggu izin dari Bappebti untuk menjadi pelaksana bursa kripto.

“Semoga (terealisasi tahun ini), sekarang masih dalam proses perizinan. Mungkin sudah mendekati,” kata Paulus saat dikonfirmasi Katadata.co.id, beberapa waktu lalu.

Bursa kripto dan lembaga kliring kripto akan menjadi entitas pendukung yang berperan sebagai perpanjangan tangan regulator dan bersifat netral. Ekosistem ini akan menerapkan mekanisme pengawasan transaksi dan pelaporan sehingga dapat menjadi katalisator industri aset kripto.

Dengan demikian, Bursa Kripto dan Lembaga Kliring Kripto sebagai satu ekosistem akan memberikan perlindungan atas transaksi aset kripto melalui mekanisme verifikasi real-time, sehingga secara keseluruhan perdagangan aset kripto terawasi dengan komprehensif dan masyarakat dapat bertransaksi dengan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement