Industri Diragukan Akan Mau Terima Sertifikat Pelatihan Kartu Prakerja

Rizky Alika
29 April 2020, 18:46
Indef Ragu Industri Akan Terima Sertifikasi Pelatihan Kartu Prakerja.
ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO
Ilustrasi pekerja Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Ekonom Indef pertanyakan megenai sertifikasi program pelatihan kartu prakerja.

Minat masyarakat untuk mengikuti beragam pelatihan dalam kartu prakerja bisa dibilang cukup besar. Para peserta program kartu akan mendapatkan sertifikasi setelah rampung mengikuti pelatihan.

Namun, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Ekonomi, Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mempertanyakan apakah sertifikasi dari pelatihan kartu prakerja tersebut dapat diterima oleh industri pengguna. 

Advertisement

"Siapa yang mau mengakui sertifikasi seperti ini? Apakah industri mau menerima sertifikasi dari pelatihan kartu prakerja?" kata Tauhid dalam webinar kartu prakerja, Rabu (29/4).

(Baca: Mayoritas Pendaftar Kartu Prakerja Dinilai Hanya Incar Insentif Dana)

Oleh karenanya, dia pun mempertanyakan fungsi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan selama ini.  

Badan ini bekerja untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi.

Selain itu, dia juga tidak yakin peserta kartu prakerja dapat mengingat materi pelatihan usai pandemi virus corona berakhir. Apalagi hingga kini belum ada yang bisa memastikan kapan akhir pandemi corona di Indonesia berakhir.

Terakhir, dia juga mengkritisi kredibilitas setiap pelatihan dan pemberi materi pelatihan kartu prakerja. "Penting dijelaskan siapa orang yang membuat modul pelatihan tersebut," ujar dia.

Menjawab  keraguan Indef, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra-Kerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan pengusaha untuk memastikan peserta kartu prakerja bisa terserap di sektor industri.

(Baca: Materi Content Creator Youtube Banyak Diminati Peserta Kartu Prakerja)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement