Rupiah Loyo ke 14.663/US$ Imbas Komentar The Fed Soal Kenaikan Bunga

Abdul Azis Said
18 Mei 2022, 09:42
rupiah, rupiah loyo, rupiah stagnan, the fed, dolar Amerika Serikat
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Rupiah dibuka stagnan di level Rp 14.645 per dolar AS di pasar spot pagi ini.

Nilai tukar rupiah dibuka stagnan di level Rp 14.645 per dolar AS di pasar spot pagi ini. Namun, rupiah diramal berbalik melemah imbas komentar terbaru The Fed yang kembali mempertegas sikap hawkishnya.

Mengutip Bloomberg, kurs garuda melemah ke Rp 14.663 pada pukul 09.38 WIB. Rupiah melemah bersama dengan mata uang Asia lainnya seperti yuan Cina yang terkoreksi 0,17% terhadap dolar AS, baht Thailand 0,13%, dolar Singapura 0,11% dan ringgit Malaysia 0,05%.

Advertisement

Sebaliknya, won Korea Selatan menguat 0,38% bersama rupee India 0,34%, yen Jepang 0,19% dan peso Filipina 0,01%, sedangkan dolar Hong Kong dan Taiwan stagnan.

Analis pasar uang Ariston Tjendra memperkirakan rupiah masih berpotensi melemah terhadap dolar AS hari ini meski data neraca perdagangan kemarin mencatat kinerja positif. Ia memperkirakan rupiah melemah ke Rp 14.700, dengan potensi support di kisaran Rp 14.600 per dolar AS.

Rupiah akan tertekan usai komentar terbaru The Fed yang kembali mempertegas langkah bank sentral untuk menekan lonjakan inflasi. Dalam wawancara dengan Wall Street Journal kemarin, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan akan terus mendukung kenaikan suku bunga sampai harga-harga kembali ke level target yakni 2%.

Powell bahkan menegaskan siap untuk menaikkan suku bunga melebihi target yang dinilai 'level netral' jika memang langkah tersebut diperlukan. Inflasi di negeri paman sam terpantau turun tipis ke 8,3% pada April tapi masih mendekati level tertingginya dalam 40 tahun.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement