DBS: BI akan Tunda Menurunkan Suku Bunga karena The Fed Hawkish

Abdul Azis Said
7 Juli 2023, 19:11
BI, suku bunga, suku bunga bi
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. BI mulai menaikkan suku bunga acuannya sejak Agustus tahun lalu. Suku bunga dikerek sebesar 225 bps sehingga saat ini menjadi 5,75%.

Bank DBS memperkirakan Bank Indonesia atau BI akan menunda pemangkasan suku bunga acuannya karena bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve secara mengejutkan memberi sinyal hawkish pada pertemuan bulan lalu. BI kemungkinan akan menurunkan suku bunganya paling cepat akhir tahun ini.

Ekonom Senior DBS Bank Radhika Rao menyebut, BI punya banyak pertimbangan dalam menentukan arah kebijakan moneternya ke depan. Meski demikian, The Fed akan menjadi faktor yang paling diperhatikan BI saat ini.

"Jika The Fed benar-benar menaikan suku bunganya dua kali lagi, saya pikir ekspektasi kita bahwa BI bisa menurunkan suku bunga akan tertunda," kata dia dalam diskusi daring, Jumat (7/7).

The Fed memberi sinyal hawkish meski memutuskan mengambil jeda kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan lalu. Hawkish biasa muncul sebagai respons untuk menggambarkan kebijakan moneter yang cenderung kontraktif, seperti menaikkan suku bunga atau mengurangi neraca bank sentral. Sebaliknya, ketika bank sentral berbicara tentang penurunan suku bunga atau meningkatkan pelonggaran kuantitatif untuk merangsang ekonomi, pasar biasanya menyebutnya sebagai dovish.

Dot-plot rapat menunjukkan mayoritas anggota komite pembuat kebijakan menginginkan kenaikan suku bunga dua kali lagi tahun ini untuk mencapai target inflasi di bawah 2%.  Sinyal hawkish itu kembali dipertegas dalam pidato Gubernur The Fed Jerome Powell di depan Kongres AS beberapa pekan lalu. Notulen rapat yang dirilis beberapa hari lalu juga memuat rencana itu, meski turut mengungkap kemungkinan kenaikannya tidak seagresif sebelum-sebelumnya.

Sinyal hawkish tersebut telah mengubah perkiraan Radhika dan timnya terhadap jadwal pemangkasan suku bunga BI. Sebelum pertemuan Juni itu, ia memperkirakan The Fed mungkin akan terus menahan suku bunga sampai akhir tahun. Dengan perkiraan tersebut, ada peluang BI mulai memangkas suku bunga pada Agustus atau September 2023.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...