Kinerja Makin Kokoh, Semester I 2019 Laba Bersih Elnusa Naik 21%

Image title
30 Juli 2019, 13:34
Elnusa membukukan kinerja yang sangat positif pada enam bulan pertama 2019. Tercatat pendapatan usaha perusahaan migas ini melesat 29% dan laba bersih naik 21%.
KATADATA/
Elnusa membukukan kinerja yang sangat positif pada enam bulan pertama 2019. Tercatat pendapatan usaha perusahaan migas ini melesat 29% dan laba bersih naik 21%.

PT Elnusa Tbk, salah satu perusahaan nasional penyedia jasa minyak dan gas bumi (migas) mengklaim berhasil melalui tengah tahun 2019 dengan capaian yang memuaskan ditengah bayang-bayang volatilitas harga minyak yang sempat mengalami penurunan curam pada penghujung 2018.

Pasalnya, pendapatan usaha meningkat 29% menjadi Rp 3,8 triliun pada semester I tahun ini, dari Rp 2,9 triliun periode yang sama tahun lalu. Sementara itu laba bersih naik 21% menjadi Rp 155 miliar dari Rp 128 miliar.

Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan mengemukakan volatilitas harga minyak dunia terus membayangi kinerja. Namun dengan fokus pada strategi diversifikasi portofolio, perusahaan berhasil mengokohkan kinerja semester ini.

"Kenaikan pendapatan usaha yang berhasil kami capai, merupakan hasil perbaikan kinerja semua segmen yang ada. Pendapatan usaha jasa hulu migas naik 46% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, jasa penunjang naik 36%, serta jasa distribusi & logistik energi naik 21%,” ujar Herry berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (30/7).

(Baca: Elnusa Perluas Pasar Hingga Vietnam)

Pada segmen jasa hulu migas, meningkatnya aktivitas survei seismik mendongkrak pertumbuhan pendapatan usaha. Hingga tengah tahun, Elnusa telah mengerjakan enam survei baik darat, zona transisi maupun laut.

Salah satu pekerjaan yang mendapatkan apresiasi baik adalah survei seismik 2D di Perairan Semenanjung Indocina, Vietnam. Peningkatan aktivitas ini terutama survei seismik laut, menjadi salah satu pendongkrak pula pada peningkatan pendapatan usaha jasa penunjang.

Pada segmen lainnya yaitu jasa distribusi & logistik energi, peningkatan kinerja disebabkan oleh naiknya volume throughput. Kenaikan terjadi pada unit jasa transportasi BBM, manajemen depo maupun bisnis perdagangan BBM industri marine.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...